Tips Ampuh Bikin AC Mobil Awet Dinginnya

Ilustrasi menyalakan AC mobil.
Sumber :
  • Driving.ca

VIVA.co.id – Pendingin udara kabin (AC) menjadi komponen penting ketika berkendara jarak jauh seperti saat mudik. Dengan menyalakan AC mobil, suhu udara di kabin bisa lebih sejuk terutama saat melakukan perjalanan di siang hari.

Catatan Buat Orang Tua, 4 Bahaya Meninggalkan Anak di Dalam Mobil

Komponen AC pada mobil yang hendak dipakai mudik, kata Susanto selaku product manager PT CIPTA GEMILANG BERSAMA - jaringan servis resmi AC Denso di Tangerang, harus dicek untuk memastikan tetap berfungsi dengan baik.

"Kerja AC mobil lebih berat dibandingkan AC rumah, karena fluktuasi cuaca, debu, getaran dan goncangan selalu menyertai AC mobil saat beroperasi," kata Susanto, Selasa 20 Mei 2017.

Mengenal Forged Piston, Teknologi Unggulan Yamaha Adopsi dari MotoGP

Susanto menambahkan, merawat AC mobil bukan pekerjaan yang sulit. Selama pemilik kendaraan mengetahui cara pemakaian pendingin kabin tersebut dengan baik dan benar.

Salah satu kebiasaan buruk yang kerap dilakukan adalah langsung menyalakan mobil tanpa membuka kaca seusai mobil diparkir di bawah panas matahari. "Hal itu membuat udara yang berada di dalam mobil hanya itu saja, sehingga tidak berputar," ujar dia.

Pengguna Mobil yang Terjebak Macet di Puncak Wajib Periksa Ini

Susanto pun membagi beberapa tips sederhana agar AC mobil bisa tetap dingin maksimal selama perjalanan mudik. "Pertama, tidak membiasakan membuka jendela saat AC menyala. Lalu rutin mengecek motor fan radiator dan coolant radiator karena keduanya membuat mesin tetap adem meski harus bekerja berat ketika AC dinyalakan," katanya.

Lalu, lakukan pemeriksaan tetesan air yang keluar dari selang atau kisi-kisi AC kendaraan. Setelah itu, segera bawa dan periksa kendaraan ke bengkel resmi AC apabila angin yang dihembuskan sudah tidak dingin. “Terakhir, jika mengalami kerusakan pada Ac sebaiknya dilakukan servis di bengkel resmi produsennya," katanya. (mus)

Gerbang tol Cikampek Utama. (Foto ilustrasi)

Libur Nataru, Ngebut di Jalan Tol ini Siap-siap Ditilang

Di jalan tol ini, terdapat dua jenis pelanggaran yang akan dipantau, yakni pelanggaran batas kecepatan dan pelanggaran kelebihan muatan.

img_title
VIVA.co.id
16 Desember 2022