Bahaya Sering Buka Kaca Mobil Saat Mudik

Kendaraan pemudik memenuhi ruas jalan Tol Jakarta-Cikampek arah Cikampek, di Bekasi, Jawa Barat, Kamis (22/6/2017) dini hari.
Sumber :
  • ANTARA/Risky Andrianto

VIVA.co.id – Saat menempuh perjalanan jauh, terkadang pengemudi mobil sengaja mematikan pendingin udara, atau AC dan membuka kaca jendela. Ini biasanya dilakukan saat malam hari, atau ketika melewati daerah yang berhawa sejuk.

Mengenal Forged Piston, Teknologi Unggulan Yamaha Adopsi dari MotoGP

Tujuannya jelas, yakni untuk mengurangi beban mesin, sehingga pemakaian bahan bakar menjadi lebih irit. Namun, ternyata terlalu sering membuka kaca tidak disarankan, karena bisa mengganggu kinerja komponen mobil.

Saat kaca dibuka terlalu lebar, debu dan kotoran akan masuk ke dalam kabin mobil. Hal ini berpotensi merusak sistem pendingin. Selain itu, udara kotor yang masuk ke dalam kabin, juga menimbulkan bau tidak sedap, sehingga mengganggu kenyamanan.

Pengguna Mobil yang Terjebak Macet di Puncak Wajib Periksa Ini

Technical Service Division PT Toyota Astra Motor, Iwan Abdurahman mengatakan, saringan AC di dalam kabin jadi cepat kotor, jika kaca sering dibuka. Pada mobil-mobil yang tidak dilengkapi dengan saringan AC, kotoran akan langsung menempel pada evaporator.

“Kalau mobil zaman dulu yang enggak ada saringannya, kotoran akan menempel di evaporator dan bisa mampet. Nah, itu jadi biang bau di kemudian hari, ketika AC dinyalakan dalam waktu satu, atau dua minggu,” ujarnya kepada VIVA.co.id.

Jasa Stiker Bodi Mobil dan Motor Kini Tak Cuma di Pulau Jawa

Lanjut dia, efek lainnya jika kaca dibuka terlalu lebar, jelas bensin jadi lebih boros juga, karena aerodinamika mobil saat berjalan terhalang angin yang masuk ke dalam kabin. Hal itu sudah dipraktikkan oleh pabrikan mobil, saat merancang kendaraan. (asp)

Ilustrasi orang tua dan anak di mobil

Catatan Buat Orang Tua, 4 Bahaya Meninggalkan Anak di Dalam Mobil

Agar tidak dibuat repot anak, ada beberapa orang tua yang terpaksa meninggalkan anaknya di dalam mobil saat mengujungi suatu tempat, meski dianggap sebentar.

img_title
VIVA.co.id
9 Maret 2022