Perawatan Roof Box Usai Mudik Lebaran

Datsun pakai roof box.
Sumber :
  • VIVA.co.id/Jeffry Yanto

VIVA.co.id – Roof box menjadi piranti tambahan saat mobil digunakan untuk mudik. Layaknya aksesori lain, kotak yang diletakkan di atap mobil ini juga butuh perawatan, agar permukaan dan bahan boks yang terbuat dari plastik fiber tidak mudah getas.

Mengenal Forged Piston, Teknologi Unggulan Yamaha Adopsi dari MotoGP

Boks ini memang rentan rusak, karena selalu terpapar sinar matahari terik dan dinginnya angin malam. Belum lagi, debu dan air hujan yang ada di sepanjang jalur mudik.

“Tidak ada perawatan khusus. Jika sudah tidak digunakan lagi, bisa dilepas, dan dibersihkan menggunakan lap basah. Jika ingin dicuci, jangan bagian dalamnya, cukup luar saja,” ujar salah satu pedagang roof box di MGK Kemayoran, Remon, saat dihubungi VIVA.co.id.

Pengguna Mobil yang Terjebak Macet di Puncak Wajib Periksa Ini

Sementara itu, menurut Head of Hapro Indonesia, Gema Wahyu, jika kualitas roof box bagus, tidak perlu dilepas dari atap mobil. Kata dia, sebelum roof box lansiran Belanda ini dijual, sudah lebih dulu melewati serangkaian uji cuaca.

“Jika dicuci, jangan menggunakan bahan detergen yang tajam. Cukup menggunakan sampo untuk mencuci mobil. Setelah itu, dikeringkan dengan lap mikrofiber. Kalau boks yang bahannya bagus, setelah mudik dan terus digunakan harian pun tidak ada masalah,” ujarnya. (asp)

Jasa Stiker Bodi Mobil dan Motor Kini Tak Cuma di Pulau Jawa
Ilustrasi orang tua dan anak di mobil

Catatan Buat Orang Tua, 4 Bahaya Meninggalkan Anak di Dalam Mobil

Agar tidak dibuat repot anak, ada beberapa orang tua yang terpaksa meninggalkan anaknya di dalam mobil saat mengujungi suatu tempat, meski dianggap sebentar.

img_title
VIVA.co.id
9 Maret 2022