Trik Mudah Atasi Mobil Mogok karena Aki Soak

Memilih Akumulator (Accu) Yang Baik
Sumber :
  • VIVAnews/Ikhwan Yanuar

VIVA.co.id – Sebagian pengguna kendaraan roda empat pasti pernah mengalami mobil mogok di tengah jalan lantaran aki soak yang tak terdeteksi sejak dini. Menghadapi kondisi seperti itu, pengendara tak perlu panik.

Mengenal Forged Piston, Teknologi Unggulan Yamaha Adopsi dari MotoGP

Advisor PT Astra Otoparts Tbk, Syahrudin mengatakan, sebagai solusi sementara Anda bisa melakukan teknik jumper atau jump start. Tindakan ini dilakukan untuk mengalirkan listrik dari baterai lain ke baterai mobil yang soak dan dipakai untuk menyalakan mesin.

"Kalau mobil saya mogok, misalnya karena akinya soak, kita bisa jumper dengan mobil lain supaya bisa hidup, mobil kita mengambil tenaga dari aki lain," kata Syahrudin di Kawasan Kelapa Gading, Jakarta Utara, Kamis 13 Juli 2017.

Pengguna Mobil yang Terjebak Macet di Puncak Wajib Periksa Ini

Menurut dia, teknik jumper biasanya sering dilakukan dalam keadaan darurat. Syahrudin mengatakan, tak ada efek buruk yang terjadi dari penindakan jumper aki mobil. Hanya saja setelah itu aki harus segera dicek ke bengkel.

"Jadi disarankan kita punya kabel jumper, pada suatu saat ada masalah gampang, paling adu kepala saja. Tapi setelah itu aki harus dikontrol," dia menambahkan.

Jasa Stiker Bodi Mobil dan Motor Kini Tak Cuma di Pulau Jawa

Menurut dia, jumper aki adalah solusi sementara paling tepat untuk mobil yang mogok di jalan. Sebab, mobil saat ini yakni bertransmisi otomatis tak bisa didorong saat mobil tak bertenaga.

"Artinya memang keadaan darurat saja karena mobil tidak bisa starter. Kenapa jumper? Karena mobil sekarang tidak bisa didorong," kata dia.

Ilustrasi orang tua dan anak di mobil

Catatan Buat Orang Tua, 4 Bahaya Meninggalkan Anak di Dalam Mobil

Agar tidak dibuat repot anak, ada beberapa orang tua yang terpaksa meninggalkan anaknya di dalam mobil saat mengujungi suatu tempat, meski dianggap sebentar.

img_title
VIVA.co.id
9 Maret 2022