Kenali Berbagai Penyebab Speedometer Motor Mati

Speedometer
Sumber :
  • Komunitas skutik

VIVA.co.id – Sepeda motor yang beredar saat ini tak semuanya menggunakan speedometer berbasis digital. Untuk menekan harga, para pabrikan terkadang merancang motor dengan speedometer manual dengan kabel sling.

Kenali Tanda Aki Motor Rusak dan Perlu Segera Diganti

Seiring pemakaiannya, speedometer dengan kabel sling bisa saja mengalami kerusakan yakni indikator kecepatan tak bergerak alias mati. Untuk itu perlu diketahui penyebab bila speedometer sudah mati.

"Biasanya speedometer mati banyak  tanda-tandanya, saat digas jarum enggak gerak. Angka di km/jam enggak berubah. Indikator lampu di speedometer enggak fungsi," kata Kepala bengkel Eprotek, Emnuh, kepada VIVA.co.id di Jakarta, Selasa 1 Agustus 2017.

Libur Nataru, Ngebut di Jalan Tol ini Siap-siap Ditilang

Dia mengatakan bahwa biasanya speedometer mati lantaran gigi nanas atau gearbox sudah mulai aus. Ausnya gearbox bisa disebabkan karena pengendara kerap melewati jalan tidak rata.

"Jalanan bergelombang banyak kerikil dan batu yang bikin rusak shock depan dan otomatis kena gigi nanas," ujar Emnuh.

Begini Cara Merawat Speedometer Digital Motor yang Benar

Lalu menurut dia, speedometer bisa mati karena kabel speedometer mulai kendur akibat lamanya waktu pemakaian. Lalu bisa juga karena gear speedo mulai korosi akibat sering terjemur matahari secara langsung.

"Solusinya ya cek gigi nanas, urut lagi kabel speedometernya dan lumasi gear speedo dengan cairan pembersih biasanya disemprot WD40. Biayanya kalau masih bisa diakalin biaya perbaikan sekitar Rp30 ribu. Tapi kalau rusak ganti satu set gearbox Rp60 ribuan, kabelnya Rp30 ribuan," kata Emnuh. (ren)

Vespa GTV

Miliki Tampilan Catchy, Ini Impresi Singkat Vespa GTV 2023

Vespa GTV 2023 menunjukkan kesan catchy karena adanya perpaduan warna Beige dan oranye di sejumlah area bodi. Impresi berkendara kendaraan ini juga terasa cukup nyaman.

img_title
VIVA.co.id
6 September 2023