Poles Kaca Film Tak Boleh Pakai Cairan Kimia, Kenapa?

Kaca film. Foto ilustrasi.
Sumber :

VIVA.co.id –  Kaca film merupakan piranti wajib bagi setiap kendaraan roda empat. Kaca film fungsinya untuk menghalau panas sehingga kabin bisa sejuk.

Tips Memilih Kaca Film Terbaik untuk Mobil Anda

Sama seperti piranti mobil lainnya, kaca film juga membutuhkan perawatan. Dengan tujuan menjaga kualitas penyaring sinar matahari dapat tetap berfungsi dengan baik.

Perawatannya pun terbilang sederhana. Wakil Presiden Direktur V-Kool Indo Lestari Linda Widjaja mengatakan, pemolesan kaca film tak boleh menggunakan bahan atau cairan kimia.

Cara Menjaga Suhu Kabin Mobil Agar Tidak Panas

"Bahan kimia bisa merusak kaca film," kata Linda saat ditemui di Jakarta.

Bahan kimia yang dimaksud adalah cairan yang digunakan untuk memoles kaca biasa. Padahal agar kaca film tetap terjaga fungsinya, pemilik hanya cukup mengelap kaca film dengan microfiber.

Kaca Film Ini Bisa Melindungi Layar Instrumen Mobil

Jika tetap akan poles, lakukan pada kaca luar. Sebab, film dipasang pada bagian dalam kaca.

"Bahan kimia yang poles kaca, atau bahan buat bersih kaca yang terlalu kasar bisa merusak kaca film. Kita sarankan kanebo dan microfiber saja," ujarnya.

Yang terjadi bila pemilik mengaplikasikan obat poles kaca ke kaca film malah akan membuat kaca film cepat rusak. Kerusakan itu biasanya lebih dahulu terjadi pada lapisan terluar.

"Mungkin kalau salah rawatnya kaca film bisa mengelupas, karena terdiri dari beberapa lapis. Lapisan terluar adalah untuk antigores mungkin lapisan itu akan mengelupas atau bisa mengkerut," kata dia.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya