Trik Mudah Mendeteksi Mobil Banyak Dempulan

Bengkel cat duco pinggir jalan
Sumber :
  • viva.co.id/Yasin

VIVA.co.id – Dempul menjadi bahan yang kerap dipakai pada saat perbaikan bodi mobil. Setelah pelat bodi yang penyok dan diperbaiki, biasanya bengkel mobil menambahkan bahan dempul untuk meratakan permukaan sebelum dilapisi cat.

Mengenal Forged Piston, Teknologi Unggulan Yamaha Adopsi dari MotoGP

Meski dempul bisa membantu membuat bodi menjadi rata, Direktur Teknik PT Indomobil Sompo Japan Gunawan Susilo mengatakan, penggunaan bahan ini sudah dikurangi, terutama di bengkel bodi dan cat mobil besar.

"Walaupun masih dipakai, main dempul terlalu banyak untuk perbaikan bodi mobil juga kurang bagus," kata Gunawan di Jakarta.

Pengguna Mobil yang Terjebak Macet di Puncak Wajib Periksa Ini

Bodi mobil yang terlalu banyak didempul, kata Gunawan, bisa membuat kualitas pelatnya menurun. Untuk mendeteksi bagian yang mendapatkan dempul, saat bodi tersebut diketok maka bunyi tidak akan nyaring seperti pelat mobil aslinya.

Selain itu, penggunaan dempul yang terlalu tebal juga membuat proses pengecatan mobil tidak maksimal. Warna bodi yang dilapis dempul dengan bodi orisinal biasanya akan belang dan menjadi tidak menarik. Di pasar mobil bekas, mobil dengan dempulan juga dihindari, karena menjadi gambaran mobil itu pernah bermasalah pada bagian bodi, seperti salah satunya akibat tabrakan.

Jasa Stiker Bodi Mobil dan Motor Kini Tak Cuma di Pulau Jawa

"Iya beda dong warnanya. Biasanya kalau kebanyakan dempul nanti warnanya akan seperti meresap ke dempul, jadi warnanya cepat kusam. Selain itu, kalau kita ketok pakai tangan saja, bunyi sudah pasti beda dengan bodi yang enggak didempul," kata Gunawan. (ase)

Ilustrasi orang tua dan anak di mobil

Catatan Buat Orang Tua, 4 Bahaya Meninggalkan Anak di Dalam Mobil

Agar tidak dibuat repot anak, ada beberapa orang tua yang terpaksa meninggalkan anaknya di dalam mobil saat mengujungi suatu tempat, meski dianggap sebentar.

img_title
VIVA.co.id
9 Maret 2022