Download Our Application
A Group Member of VIVA

viva.co.id

  • Rabu, 9 Agustus 2017 | 09:32 WIB
  • Cara Tepat Memilih Helm Motor

  • Oleh
    • Krisna Wicaksono,
    • Pius Yosep Mali
Cara Tepat Memilih Helm Motor
Photo :
  • VIVA.co.id/Pius Yosep Mali
Helm motor.

VIVA.co.id – Helm dirancang sebagai pelindung kepala pengendara sepeda motor. Saat ini, produsen helm menawarkan beragam pilihan model, harga, serta ukuran, untuk menyesuaikan kebutuhan pengendara sepeda motor di Tanah Air.

Soal ukuran, helm yang dijual di Indonesia saat ini umumnya ditawarkan dalam ukuran standar, M hingga XL. Lantas, bagaimana cara menyesuaikan ukuran helm agar nyaman ketika dipakai berkendara?

Eric Yusup sebagai sales and distribution Arai Indonesia (Cargloss Group) mengungkapkan sebelum memilih helm sebaiknya dilakukan pengukuran lingkar kepala bikers itu sendiri.

Cara ini dilakukan untuk memastikan helm yang dibeli sesuai dan nyaman ketika melindungi kepala saat berkendara.

"Standar kami di sini, kalau kalau konsumen datang mau beli helm, kami ukur dan fitting dulu, berapa sentimeter lingkar kepalanya. Cuma, memang ada konsumen yang datang dan bilang ukuran biasanya mereka. Misalnya, sudah pakai helm ukuran M, enggak mau diukur. Ya silahkan. Yang jelas, kami biasanya ukur dulu, kemudian baru kami kasih coba," kata Eric di Jakarta.

Cara mencari ukuran helm yang akan dibeli pas dengan mengukur kepala, kata Eric, untuk memastikan lubang atau sela antara helm dengan kepala dan wajah sangat minim.

Tetapi, helm juga tidak boleh terlalu kecil atau sempit ketika dipakai. Karena, akan mengganggu saat berkendara, khususnya saat melakukan perjalanan jarak jauh (touring).

"Jangan sampai ada lubang atau sela. Cara mencobanya, kita tahan si cangkang helm sebelah, kemudian orangnya menoleh. Itu gak boleh ada bolong, atas juga rapatnya harus sama. Akibatnya di keamanan, bukan cuma pusing," tuturnya.

Eric mengatakan, jika tidak melakukan fitting sebelum membeli, biasanya ada rasa tidak nyaman saat helm dikenakan. Jika terjadi demikian, sebaiknya konsumen kembali ke diler resmi helm tersebut untuk mencari ukuran yang pas.

"Ya sudah, bawa aja lagi ke sini. Yang penting belum dipakai dan belum dilepas segel. Nanti baru kami lihat lagi,” jelasnya. (ren)