Download Our Application
A Group Member of VIVA

viva.co.id

  • Kamis, 24 Agustus 2017 | 11:54 WIB
  • Kebiasaan Buruk Wanita Saat Mengemudi, Baca Peringatan Ini

  • Oleh
    • Toto Pribadi,
    • Jeffry Yanto Sudibyo
Kebiasaan Buruk Wanita Saat Mengemudi, Baca Peringatan Ini
Photo :
  • VIVA.co.id/Jeffry
Alinka Hardianti

VIVA.co.id – Kebiasaan dandan sambil mengemudi saat ini masih banyak dilakukan kaum Hawa. Ironisnya, kebiasaan ini tentu sangat berbahaya bahkan dapat mencederai diri sendiri dan pengguna jalan yang lainnya.

Hal itu juga coba diingatkan Alinka Hardianti, pembalap dari Toyota Team Indonesia. Menurut Alinka, meskipun pada dasarnya wanita bisa melakukan tugas apapun dalam waktu bersamaan jangan sekali-kali melakukan hal berbahaya tersebut di jalanan

Sebab, ritme kendaraan seperti motor dan mobil tidak bisa ditebak saat berada di jalan raya. Kalau pandangan teralihkan dalam sekian detik saja bisa menimbulkan kecelakaan. Karena itu, Alinka menyarankan simpan terlebih dahulu barang-barang yang dapat mengganggu tersebut.

“Jauhkan barang-brang yang bisa mendistrek saat perjalanan. Karena kalau cewek ada saja barang-barang yang dibawa seperti rool rambut dan bisa make-up sambil nyetir. Bahkan ada juga yang menggunakan high heels,” katanya.

Lanjut dia, barang-barang tersebut tentu bisa memecah kosentrasi. Begitu juga dengan hand phone yang sering dicari saat ada pesan atau pemberitahuan lainnya saat nyetir, itu berbahaya. Bahkan, Alinka mengaku mempunyai teman perempuan yang bisa touch up sambil nyetir.

“Karena saya punya teman yang kaya gitu, pakai eyeliner saat nyetir kan bahaya kalau tiba-tiba ada motor yang lewat. Misalnya enggak ketabrak, bisa juga kan matanya kecolok atau apa gitu. Jadi kosentrasi lah saat membawa kendaraan,” tuturnya.

Menurutnya jangan pakai high heels karena pedal gas, rem atau kopling itu tidak di desain untuk kondisi kaki tanpa alas atau high heels. Ia menyarankan agar sediakan flat shoes agar pergerakan kaki tidak terganggu.

“Buat semuanya sih sebenarnya bukan cewek doang, jadi harus menghormati sesama pengguna jalan lain, mau kendaraan mobil atau motor dan juga pejalan kaki. Kita harus perhatikan dulu kewajiban kita seperti apa ketika di jalan raya intinya jangan egois,” katanya.