Download Our Application
A Group Member of VIVA

viva.co.id

  • Jumat, 25 Agustus 2017 | 14:18 WIB
  • Kelebihan Kulit Sintetis untuk Jok Mobil

  • Oleh
    • Rendra Saputra,
    • Yunisa Herawati
Kelebihan Kulit Sintetis untuk Jok Mobil
Photo :
  • Toyota
Membersihkan jok mobil.

VIVA.co.id – Pelapis jok mobil menjadi salah satu aksesori yang dipasang untuk menambah kenyamanan berkendara sehari-hari. Material yang tersedia pun beragam, mulai dari bahan kain atau fabric hingga kulit.

Khusus untuk material kulit, saat ini banyak beredar pelapis kulit sintetis. Pelapis jok mobil berbahan sintetis ini juga tak kalah bagus dengan yang asli. Selain dijual dengan harga lebih murah, perawatan untuk kulit sintetis juga terbilang mudah.

"Kulit sintetis low maintenance dibanding kulit asli. Harganya juga jauh lebih murah dibanding kulit asli, kalau kulit asli bisa di atas harga Rp10 juta-Rp20 jutaan," kata Assistant Marketing Manager Accura, Thjie Tjie Fie di Jakarta.

Thjie Tjie menjelaskan, kulit sintetis hanya menggunakan air biasa, karena kulit sintetis memiliki permukaan bahan yang tidak menyerap. Hal ini berbeda dengan kulit asli. "Kalau kulit asli kena air dia akan menyerap, dan kalau lama-lama dibiarkan kulitnya bisa keras. Kalau kulit sintetis dilap sedikit langsung beres," ujarnya menambahkan.

Selain bisa menggunakan air, membersihkan pelapis kulit sintetis cukup menggunakan body lotion. Merawat jok berlapis kulit sintetis dengan body lotion, kata dia, lebih bagus ketimbang air biasa. "Jangan pakai deterjen bersihkan kulit jok, kalau keseringan nanti bisa keras. Lama-lama dia bisa keras, getas terus permukaannya retak-retak. Sesekali boleh tapi jangan terlalu sering," tuturnya.

Satu hal penting lainnya, kulit sintesis patut dihindarkan dari noda pulpen. Sebab tinta pulpen merupakan musuh bebuyutan pelapis kulit sintetis lantaran sifat cairannya yang sulit dibersihkan. "Noda paling jahat di kulit sintetis itu tinta pulpen. Sebisa mungkin kalau kena pulpen langsung dibersihkan, jangan dibiarkan lama satu jam, karena dia akan menyerap, nanti jadi susah dibersihkan." (mus)