Tips Cari Posisi Nomor Rangka Mobil di Indonesia

Salah satu lokasi nomor rangka atau VIN mobil.
Sumber :
  • Accuratecars

VIVA.co.id – Vehicle Identification Number (VIN) atau nomor kendaraan sengaja dibuat unik, agar tidak ada kesamaan antara mobil satu dan lainnya. VIN digunakan sebagai identitas dari sebuah kendaraan, ibarat kartu tanda penduduk.

Libur Nataru, Ngebut di Jalan Tol ini Siap-siap Ditilang

Penerapan VIN di Indonesia mengacu pada standar ISO 3779, yang terdiri dari 17 digit dan dibagi menjadi tiga bagian. Tiga digit pertama merupakan World Manufacture Identifier (WMI), sedangkan digit keempat sampai sembilan adalah Vehicle Descriptor Section (VDS).

Sementara, delapan digit terakhir adalah Vehicle Identifier Section (VIS). Selain nomor, letak nomor rangka setiap mobil juga berbeda-beda.

Catatan Buat Orang Tua, 4 Bahaya Meninggalkan Anak di Dalam Mobil

“Yang saya tahu, Jepang standar buat di domestik mereka 12 digit nomor rangka. Tapi, unit merek Jepang yang dijual untuk Indonesia tetap 17 digit,” ujar Technical Service Division PT Toyota Astra Motor, Iwan Abdurahman, kepada VIVA.co.id.

“Dulu, Fortuner buatan Thailand (yang dijual di Indonesia) nomor rangka adanya di belakang kanan, karena itu aturan di Thailand. Avanza ada di rangka depan kiri, cuma lihatnya dari dalam ruang mesin,” ujarnya menambahkan.

Mengenal Forged Piston, Teknologi Unggulan Yamaha Adopsi dari MotoGP

Sedangkan untuk mobil Eropa yang dibawa utuh dari negara asalnya, seperti Land Rover dari Inggris, VIN dan letaknya juga disesuaikan dengan aturan di Indonesia.

General Manager Aftersales Jaguar Land Rover Indonesia, Faried Hariyanto, mengatakan, nomor rangka Range Rover ada yang di depan, tepatnya dekat mangkok suspensi bagian kanan.

Sementara untuk Land Rover Defender, letak VIN di atas roda. Kata dia, kalau nomor mesin rata-rata di belakang mesin, dekat pipa manifold bagian bawah.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya