Tak Ingin Ditipu saat Beli Mobil Online, Ikuti Tips Ini

Jual-beli mobil di OLX.
Sumber :
  • Capture OLX.

VIVA.co.id – Baru-baru ini, petugas dari Satuan Reserse Kriminal Polres Metro Jakarta Selatan menangkap pemilik akun yang melakukan modus penipuan jual beli mobil bekas di OLX. Pelaku menipu korbannya memberi iming-iming harga murah.

Pemuda Kena Tipu hingga Puluhan Juta saat Hendak Beli Mobil untuk Ayahnya

Hal itu otomatis membuat beberapa orang tidak lagi mencari mobil melalui jalur daring, karena dianggap sangat berisiko. Namun, aksi penipuan bisa dihindari dengan beberapa langkah. Hal ini diungkapkan Chief Marketing Officer OLX Indonesia, Edward Kilian Suwignjo.

Pertama, calon pembeli jangan terburu-buru dan mudah tertarik dengan iklan mobil bekas yang ditawarkan oleh tiap pemilik akun. Hal ini bertujuan untuk meminimalkan tindak penipuan.

Cara Mahasiswi Cantik Tipu Korban Tiket Konser Coldplay hingga Raih Rp 1,2 Miliar

"Pastikan untuk selalu bertemu sebelum melakukan transaksi," kata Kiki kepada VIVA.co.id di Jakarta, Kamis, 31 Agustus 2017.

Kedua, calon pembeli juga harus memastikan kondisi mobil bekas yang akan dibeli. Dia menyarankan, akan lebih baik saat mengecek kondisi mobil membawa serta mekanik, atau membawa kendaraan yang akan dibeli itu ke bengkel resmi maupun umum.

Polisi Cokok Mahasiswi Pelaku Penipuan Tiket Coldplay yang Raup Untung hingga Rp1,2 M

"Dilihat dahulu kondisi mobilnya seperti apa. Jangan sampai konsumen ini kena tipu juga," ujarnya menambahkan.

Ketiga, untuk mencegah mobil yang akan dibeli adalah bodong, lebih baik calon pembeli memastikan kelengkapan surat dan dokumen kepemilikan kendaraan.

"Baiknya periksa BPKB ataupun STNK-nya. Pastikan pengguna dapat melihat dokumen aslinya, sekaligus mencocokkannya dengan kondisi fisik dari kendaraan atau mobil yang akan dibeli," jelasnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya