Download Our Application
A Group Member of VIVA

viva.co.id

  • Kamis, 31 Agustus 2017 | 15:43 WIB
  • Trik Mengemudi Mobil Manual Biar Cepat Lancar

  • Oleh
    • Rendra Saputra,
    • Yunisa Herawati
Trik Mengemudi Mobil Manual Biar Cepat Lancar
Photo :
  • kusukkasak.com
Ilustrasi. Mengemudi.

VIVA.co.id – Mengemudi mobil dengan transmisi manual bagi sebagian orang terutama pemula merupakan hal yang sulit. Tapi, pada dasarnya, mengendarai semua jenis mobil prinsipnya adalah sama.

Seperti yang dilansir laman Daihatsu, Rabu 30 Agustus 2017, ada beberapa cara yang perlu diperhatikan bagi pemula saat mengemudi mobil manual. Pertama, pengemudi harus kenal betul kendaraannya seperti elemen dan fiturnya. Pemula juga harus belajar mengenai posisi perpindahan gigi mobil atau persneling yang biasanya ada mulai dari angka 1 sampai 5, dan juga untuk posisi netral. Selain itu ada posisi "R" untuk posisi mundur.

Kedua, bagi pemula yang mengendarai mobil manual adalah banyak berlatih. Disarankan pemula memilih lokasi yang sepi dan luas untuk dijadikan tempat latihan. Sehingga berkendara bisa lebih leluasa dan dinilai cukup efektif membantu membiasakan diri menyetir mobil di jalan.

Ketiga, pastikan kondisi dalam keadaan tenang dan konsentrasi penuh. Jika Anda masih agak gemetaran disarankan tunggu hingga perasaan lebih santai. Keempat, perhatikan proses penyalaan mesin mobil. Saat dinyalakan pastikan kendaraan dalam keadaan netral. Ketika mesin sudah menyala, Anda harus tahu bahwa di bawah kaki sekarang ada tiga jenis pedal, dari kiri disebut kopling, tengah rem, dan kanan gas.

Kelima, seimbangkan antara kopling dan gas. Ketika menginjak gas, kopling harus diangkat pelan-pelan. Bagian ini biasanya susah untuk pemula. Saat bagian gas diinjak kencang sementara kopling belum terangkat dapat mengakibatkan munculnya suara kasar.

Sementara jika pengangkatan kopling terlalu cepat, ada dua kemungkinan yang akan terjadi yaitu mesin mati atau jalan mobil yang tersendat. Perlu diingat, setiap perpindahan gigi baik naik atau pun turun gigi, kaki harus selalu menginjak kopling.

Keenam, jangan lupa siaga rem ketika gas sudah stabil. Jika dirasa mobil terlalu cepat maka sebaiknya Anda melakukan pengereman, secara otomatis kaki harus bergeser meninggalkan gas dan menginjak rem, biarkan kaki kiri dan biarkan koplingnya.

Untuk pemula sebaiknya lupakan hal-hal yang kompleks saat mengemudi mobil manual. Cukup injak rem saja jika ingin membuat mobil lebih lambat atau pelan-pelan. (ren)