Trik Ampuh Hapus Baret-baret di Dek Motor

Dek motor baret.
Sumber :
  • www.youtube.com

VIVA.co.id – Pemilik motor kerap dijengkelkan dengan adanya goresan tak bisa hilang di bagian dek, atau bagian-bagian yang berbahan 'kulit jeruk' alias kasar. Sebab goresan itu tentu merusak tampilan motor kesayangan.

Catatan Buat Orang Tua, 4 Bahaya Meninggalkan Anak di Dalam Mobil

Goresan muncul karena berbagai macam hal, umumnya karena faktor perawatan yang salah. Seperti sering memarkirkan motor di tempat terbuka --di bawah matahari langsung-- dalam jangka waktu lama, debu yang tak dibersihkan, sering terkena air hujan, kena minyak rem, kerap dicuci dengan sabun colek, dan proses pengeringan yang tak benar.

Untuk mengatasi masalah tersebut, banyak pemilik motor memilih menggunakan produk-produk poles yang banyak beredar di pasaran. Atau banyak juga yang menggunakan minyak goreng untuk mengaburkan goresan. Memang ampuh, tapi hanya sementara.

Mengenal Forged Piston, Teknologi Unggulan Yamaha Adopsi dari MotoGP

Kebanyakan produk tersebut memang bisa membuat motor terlihat lebih bagus, bahkan seperti baru lagi. Namun sebenarnya sama sekali tak menyelesaikan masalah. Sebab fungsinya hanya memperindah, bukan memberikan perawatan. Jadi, kerusakan pada motor tak akan tertanggulangi sama sekali.

Seperti diolah dari berbagai sumber, hal yang bisa menjadi rekomendasi untuk menghapus goresan sebenarnya adalah menggunakan beeswax. Beeswax atau yang dalam Bahasa Indonesia disebut lilin lebah adalah zat yang diproduksi lebah untuk membuat sarang koloninya. Beeswax juga dipakai sebagai bahan utama dari pembuatan pomade.

Pengguna Mobil yang Terjebak Macet di Puncak Wajib Periksa Ini

Bahan alami tersebut ternyata mempunyai performa sangat baik sebagai pengkilap motor. Lilin lebah jauh lebih efektif digunakan. Bahan ini pun bisa memberikan proteksi dari berbagai faktor yang sifatnya merusak. Beeswax dapat diperoleh di toko-toko kecantikan.

Manfaat beeswax untuk pengkilap sendiri tak dapat lepas dari kandungannya. Beeswax dapat merasuk ke substrat body motor. Bila bahan lain akan mengering karena menguap setelah diaplikasikan, beeswax benar-benar “merasuk” ke body motor. Dengan kata lain, keringnya hasil polesan beeswax adalah karena bahan tersebut merasuk. Beeswax juga membuat serat material body motor kembali lentur sehingga tak rusak. Akibatnya, body motor tidak kusam dan mengelupas.

Lantas bagaimana cara penggunaannya? Pertama tentu cuci dahulu motor Anda hingga bersih. Pastikan motor dalam kondisi kering dan bersih, lalu oleskan beeswax ke seluruh bagian body motor yang berbahan kulit jeruk. Gosok dengan kain hingga terlihat bersih dan berkilau.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya