Download Our Application
A Group Member of VIVA

viva.co.id

  • Senin, 4 September 2017 | 16:58 WIB
  • Ternyata Ini Arti Warna Merah pada Tombol Sabuk Pengaman

  • Oleh
    • Rendra Saputra,
    • Yunisa Herawati
Ternyata Ini Arti Warna Merah pada Tombol Sabuk Pengaman
Photo :
  • Insurancejournal
Sabuk pengaman atau seat belt.

VIVA.co.id – Sabuk pengaman merupakan salah satu fitur wajib yang ada pada kendaraan roda empat. Fungsinya untuk melindungi atau mengurangi dampak fatal dari bahaya yang terjadi saat terjadi kecelakaan atau benturan. Dengan sabuk pengaman, posisi duduk pengendara tak terdorong ke depan dan tetap pada posisinya.

Sabuk pengaman yang terpasang di mobil, rata-rata memiliki model tiga titik. Sehingga dinilai cukup aman untuk berkendara sehari-hari. Untuk mengaitkan sabuk, pengguna cukup memasukkan pengait ke pengunci yang tersedia. 

Bila diperhatikan, semua pengunci memiliki tombol berwarna merah untuk membuka kunci sabuk. Hal ini bisa dilihat di semua jenis mobil. Lantas mengapa tombol pada sabuk pengaman diberi warna merah?

General Repair Service Manager Workshop Department Technical Service Division Toyota Astra Motor (TAM), Iwan Abdurahman, mengatakan, warna merah diberikan agar mudah terlihat oleh pengemudi dan penumpang saat memakai maupun melepas sabuk pengaman.

"Merah kan artinya butuh perhatian khusus. Mudah terlihat oleh penumpang untuk mencari mana sih yang harus dipencet, terutama saat melepas seatbelt," kata Iwan kepada VIVA.co.id, Senin 4 September 2017.

Dia menyebut sabuk pengaman penting, bukan hanya untuk digunakan saat pertama dipasang di tubuh. Tapi juga penting juga untuk melepas saat terjadi keadaan darurat sehingga penumpang bisa keluar dari kendaraan.

"Makanya dibuat warna merah supaya eye catching dan mudah dioperasikan oleh pengemudi maupun penumpang. Kalau secara umum artinya tidak pernah disebut oleh pabrikan manapun," ujarnya. (one)