Motor Matik Mati Tiba-tiba, Tak Perlu Panik

Motor matik.
Sumber :
  • www.mpm-motor.co.id

VIVA.co.id – Persoalan motor matik mati secara tiba-tiba tentu sudah sering kita dengar. Namun tentu masih banyak yang bingung mengatasi motor matik yang mati secara mendadak. Hal itu dikarenakan pengendara tidak mengetahui penyebabnya.

Pengguna Motor Matik Wajib Lakukan Perawatan CVT seperti Ini

Lalu apa sebenarnya penyebab matik mogok yang paling sering dialami pengendara? Menanggapi pertanyaan itu, Tech. Training Sub Dept Head technical Service Division PT Daya Adicipta Motora, Bandung, Ade Rohman mengatakan bahwa penyebab paling sering motor matik mogok adalah pembakaran mesin yang tidak sempurna.

"Masalah yang sering terjadi pada sepeda motor matik, biasanya jarang digunakan pada putaran RPM tinggi atau kecepatan rata-rata 60-80 km/jam (terutama kaum hawa) hal ini mengakibatkan pembakaran di mesin kurang sempurna, dan timbul kotoran karbon di ruang bakar, yang sewaktu waktu bisa mengganjal bagian klep sehingga kompresinya akan hilang dan sepeda motor akan mogok," kata Ade.

Untuk mengatasi hal tersebut, Ade menjelaskan bila pengendara harus membuka busi dan memasukkan oli sedikit demi sedikit sebelum melakukan kick stater.

"Solusinya adalah dengan membuka busi, kemudian masukan oli sedikit demi sedikit (kurang lebih 5 cc) lalu kick starter sambil menutup lubang busi menggunakan lap sampai dirasakan kompresinya normal kembali, lalu pasang busi kembali dan hidupkan motor," katanya.

Gerbang tol Cikampek Utama. (Foto ilustrasi)

Libur Nataru, Ngebut di Jalan Tol ini Siap-siap Ditilang

Di jalan tol ini, terdapat dua jenis pelanggaran yang akan dipantau, yakni pelanggaran batas kecepatan dan pelanggaran kelebihan muatan.

img_title
VIVA.co.id
16 Desember 2022