Download Our Application
A Group Member of VIVA

viva.co.id

  • Selasa, 5 September 2017 | 09:08 WIB
  • Waspada, Tikus Bisa Jadi Pemicu Terbakarnya Mobil

  • Oleh
    • Krisna Wicaksono,
    • Pius Yosep Mali
Waspada, Tikus Bisa Jadi Pemicu Terbakarnya Mobil
Photo :
  • Dok Toyota.
Tikus di mesin mobil.

VIVA.co.id – Meskipun jarang, tetapi kasus mobil terbakar di jalan raya tetap terjadi. Potensi penyebab kebakaran pada mobil adalah karena korsleting listrik dan bocornya sistem bahan bakar.

Korsleting terjadi akibat kondisi kabel-kabel yang sudah mulai kurang baik. Sudah aus dan banyak terkelupas, sehingga mudah menimbulkan korsleting.

Dilansir dari Astraworld, Selasa 5 September 2017, percikan bunga api saat terjadi korsleting itu bisa membesar jika menyambar benda-benda di sekitar yang mudah terbakar.

Karena menyangkut keausan kabel-kabel, maka kasus kebakaran paling sering menimpa mobil-mobil yang sudah tua. Meskipun begitu, bukan tak mungkin mobil baru pun mengalaminya.

Sebab, pengelupasan pembungkus kabel tidak hanya disebabkan faktor usia. Bisa jadi karena benturan, gesekan, bahkan gigitan binatang pengerat (tikus) saat mobil diparkir.

Tikus senang bersembunyi di ruang mesin, karena hangat dan banyak bagian yang bisa digigit. Maka, usahakan untuk selalu memeriksa kondisi kabel yang ada di ruang mesin. Terutama jika Anda kerap mengalami masalah dengan hewan pengerat tersebut.

Nah, seandainya kebakaran sudah terlanjur terjadi, maka sebaiknya Anda melakukan langkah-langkah berikut ini:

  1. Jika kebakaran terjadi saat mobil melintas di jalan, segera menepi ke tempat yang sepi dan aman. Jangan parkir di bawah pohon, dekat semak atau kendaraan lain, karena bisa memicu kebakaran yang jauh lebih besar.
  2. Pasang rem tangan dan segera keluar dari mobil. Lihat dari mana sumber api berasal. Jika dari ruang mesin, maka hati-hati saat membuka kap. Karena, api akan mendapat pasokan oksigen yang lebih banyak, sehingga kobaran api makin besar. (one)