Trik Sederhana Deteksi Kampas Rem Tipis atau Tidak

Pedal pada mobil matik
Sumber :
  • onehowto

VIVA.co.id – Rem merupakan peranti vital pada sebuah kendaraan. Dengan berfungsinya rem, mobil bisa dikontrol jaraknya dengan kendaraan di depan agar tak terjadi benturan.

Mengenal Forged Piston, Teknologi Unggulan Yamaha Adopsi dari MotoGP

Maka itu agar fungsinya tetap prima, tentu dibutuhkan perawatan secara berkala. Salah satunya dengan memeriksa kondisi kampas rem apakah masih bagus atau sudah mulai menipis hingga minta diganti. Seperti dilansir di situs resmi Daihatsu, Senin 11 September 2017, ada beberapa ciri kampas rem sudah harus diganti.

Pertama adalah bunyi berdecit. Mengapa demikian? Sebab bunyi decit merupakan indikasi adanya kotoran masuk di antara kampas dan cakram. Tapi juga bisa jadi indikasi pelat kampas rem sudah bersinggungan langsung dengan cakram karena kampas rem sudah habis.

Pengguna Mobil yang Terjebak Macet di Puncak Wajib Periksa Ini

Maka itu untuk memastikan apakah bunyi decit berasal dari kotoran atau kampas habis, Anda harus melepas ban di area yang berbunyi. Setelah ban terlepas, baru bisa melihat ketebalan kampas rem melalui celah di tengah kaliper. Dan jika benar kampas rem masih tebal, buka kaliper untuk membersihkan kotoran yang menempel.

Jika belum sempat melepas ban, ada trik sederhana untuk mengecek kondisi kampas rem, yakni dengan memeriksa ketinggian volume minyak rem pada wadahnya yang ada di dekat master rem. Caranya buka dulu kap mesin, lalu lihat ketinggian volume minyak rem.

Jasa Stiker Bodi Mobil dan Motor Kini Tak Cuma di Pulau Jawa

Jika berkurang dari area tengah, itu indikasi kampas rem mulai menipis. Tapi sebelum memvonis, ada baiknya pastikan tidak ada kebocoran minyak rem di semua peranti komponen vital.

Ilustrasi orang tua dan anak di mobil

Catatan Buat Orang Tua, 4 Bahaya Meninggalkan Anak di Dalam Mobil

Agar tidak dibuat repot anak, ada beberapa orang tua yang terpaksa meninggalkan anaknya di dalam mobil saat mengujungi suatu tempat, meski dianggap sebentar.

img_title
VIVA.co.id
9 Maret 2022