Download Our Application
A Group Member of VIVA

viva.co.id

  • Selasa, 12 September 2017 | 14:43 WIB
  • Alasan Taruh Helm di Atas Tangki Bensin Berbahaya

  • Oleh
    • Rendra Saputra,
    • Pius Yosep Mali
Alasan Taruh Helm di Atas Tangki Bensin Berbahaya
Photo :
  • mencarirahasiablogspot.com
Helm di atas tangki.

VIVA.co.id – Helm berfungsi sebagai pelindung kepala saat berkendara dengan sepeda motor. Meski demikian, saat sedang tidak digunakan, biker kerap menaruh helm di atas tangki bensin. 

Kebiasaan menaruh helm di atas tangki bensin motor, dikatakan Eric Yusup, Sales and Distribution Arai Indonesia (Cargloss Group), memiliki risiko merusak helm tersebut. "Sebaiknya enggak ditaruh di atas tangki bensin, khususnya untuk model motor sport atau naked bike. Walaupun ditutup, itu pasti ada uap bensin dari dalam tangki. Nah itu bisa merusak helm," kata Eric kepada VIVA.co.id.

Jika uap bensin tersebut sudah masuk dan melekat ke bagian dalam helm, maka bagian dalam helm yang dominan terbuat dari bahan busa dan styrofoam dalam jangka panjang bisa menjadi kering, keras, dan rusak. Sehingga dikhawatirkan bisa mengurangi performa helm untuk melindungi kepala pemotor saat terjadi kecelakaan atau benturan. 

Tak hanya itu, bau bensin yang meresap ke dalam helm bisa membuat pemilik helm menjadi mual ketika sedang berkendara. "Nah uap bensin itu bisa merusak styrofoam helm walaupun dilapisi busa helm. Busa helm itu kan ada pori-porinya juga, itu kan udara jadi bisa tembus sampai ke dalam. Ini harus diperhatikan," kata dia.

Oleh karenanya, saat sedang tidak dipakai, helm sebaiknya ditaruh di dalam tas kain yang didapat saat membeli helm. "Baiknya helm dibawa pakai tas, biar bisa dicantolin ke badan. Kalau misalnya parkir, juga baiknya dibawa supaya enggak risiko hilang." (mus)