Cegah Radiator Jebol Usai Kredit Mobil Lunas

Ilustrasi radiator coolant
Sumber :
  • Toyota Astra

VIVA.co.id – Pembelian mobil kini semakin mudah dengan adanya sistem kredit. Konsumen bisa mencicil mobil hingga 5-7 tahun, tergantung jasa pembiayaan yang dipilih.

Catatan Buat Orang Tua, 4 Bahaya Meninggalkan Anak di Dalam Mobil

Sayangnya, terkadang ada saja komponen mobil yang rusak saat cicilan baru saja selesai. Salah satu komponen yang dimaksud adalah radiator.

Dilansir dari Astraworld, Senin 18 September 2017, radiator memiliki fungsi untuk menjaga suhu mesin agar selalu dalam kondisi ideal. Suhu mesin tidak boleh terlalu panas atau dingin, karena bisa mengganggu efisiensinya.

Mengenal Forged Piston, Teknologi Unggulan Yamaha Adopsi dari MotoGP

Suhu mesin yang terlalu rendah mengakibatkan penggunaan bahan bakar lebih boros, karena pembakaran tidak sempurna.

Sedangkan suhu mesin terlalu tinggi berdampak pada timbulnya suara mesin yang ngelitik atau overheating, yang dapat mengubah bentuk material komponen mesin.

Pengguna Mobil yang Terjebak Macet di Puncak Wajib Periksa Ini

Radiator yang tidak dirawat dengan baik rentan terhadap kerusakan. Kasus yang sering terjadi adalah pipa radiator yang bocor akibat karat atau keropos.

Kejadian seperti ini biasanya menimpa kendaraan berusia lebih dari empat tahun. Secara fisik, kebocoran akan terlihat dari menetesnya air di pipa radiator dan berkurangnya volume air radiator.

Untuk mencegah terjadinya kerusakan pada radiator, maka perlu dilakukan perawatan sederhana sebagai berikut:

  1. Kuras air radiator secara rutin sesuai dengan anjuran di buku servis kendaraan.
  2. Gunakan cairan khusus untuk radiator (radiator coolant) yang dapat mencegah terjadinya karat pada saluran air radiator.
  3. Ketika menambahkan air radiator, pastikan tangki reservoir dan radiator tertutup rapat, sehingga radiator coolant tidak keluar saat temperatur mesin sudah panas.
  4. Saat mencuci mobil, semprot kisi-kisi radiator dengan air bertekanan tinggi, sehingga kisi-kisi radiator bersih dari kotoran. (ren)
Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya