Teknik Pertolongan Pertama Korban Kecelakaan

Pertolongan pertama untuk korban kecelakaan.
Sumber :
  • Honda Community

VIVA.co.id – Kecelakaan merupakan peristiwa yang tak bisa dikehendaki, karena bisa terjadi di mana saja, kapan saja dan terhadap siapa saja. Tetapi tentu diperlukan peran orang-orang di sekitar terhadap korban kecelakaan. Maka itu diperlukan pengetahuan pertolongan pertama pada korban kecelakaan agar dapat melakukan tindakan tepat dan mengurangi risiko cedera.

Anak dan Keponakan Teuku Rifnu Wikana Jadi Korban Kecelakaan, Ada yang Sampai Patah Tulang

Memberi pertolongan tak bisa dilakukan secara gegabah atau tanpa perhitungan, Lalu apa apa saja yang mesti diperhatikan dan dilakukan saat menolong korban kecelakaan? Berikut seperti dilansir situs resmi Honda:

1. Cek kesadaran

Pemicu Tabrakan Maut Bus Pahala Kencana Vs Truk di Tol Tembalang yang Tewaskan 2 Orang

Periksa apakah korban masih dalam kondisi sadar atau tidak dengan menepuk atau menggerak-gerakkan pundaknya. Jika masih sadar, maka bantu korban untuk menemukan posisi yang paling nyaman sembari Anda meminta bantuan dari orang sekitar.

2. Cek pernapasan

3 Fakta Pengendara Motor Tersambar Kereta dan Tewas di Deli Serdang

Jika ia tak sadar, buka jalan napasnya terlebih dahulu, lalu lihat, dengar, dan rasakan apakah korban bernapas dengan normal. Jangan samakan pernapasan agonal dengan pernapasan normal. Pernapasan agonal biasanya terjadi setelah jantung berhenti sampai 40 persen, pasien sulit bernapas, berat, berisik, atau terengah. Pernapasan ini dikenal sebagai tanda serangan jantung. Pastikan pula Anda sudah menghubungi Unit Gawat Darurat.

3. Kompresi dada

Letakkan tumit salah satu tangan di tengah dada, letakkan tumit tangan lainnya di atas dengan jari-jari saling mengunci. Tekan dada dengan kedalaman empat hingga lima sentimeter.

4. Napas bantuan

Jepit hidung korban dan mulailah Anda mengambil napas dengan normal. Bibir Anda mengatup seluruhnya di bagian mulut korban. Embuskan udara hingga dada korban terlihat naik kurang lebih satu detik. Beri waktu sampai dinding dada turun kembali. Ulangi secara berulang.

5. Perhatikan apakah ada cedera

Jika ada perdarahan, maka ambil kassa dan tekan untuk menghentikan perdarahan. Saat ada kotoran pada luka, cukup bersihkan dengan diusap dan jangan dicuci. Jika korban mengalami patah tulang terbuka, ambil kassa setebal kain lalu tekan untuk menghentikan perdarahan.  (hd)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya