Usir Suara Berdecit pada Rem Mobil, Tak Harus ke Bengkel

Ilustrasi rem mobil.
Sumber :
  • Jalopnik

VIVA.co.id – Bunyi mendecit pada rem tentu sering ditemui terutama bagi para pemilik mobil yang malas melakukan perawatan berkala. Selain mengganggu kenyamanan, bunyi rem berdecit ternyata juga sangat berbahaya jika dibiarkan.

Libur Nataru, Ngebut di Jalan Tol ini Siap-siap Ditilang

Dilansir situs resmi Daihatsu, rem mendecit biasanya disebabkan adanya tumpukan kerak kotoran seperti debu, residu oli atau gemuk di cakram dan tromol. Hal itu lantaran banyak dari pemilik mobil enggan melakukan perawatan.

Padahal efek rem mendecit bukan cuma bikin kampas dan cakram cepat tipis. Tapi juga bisa bikin komponen di sekitar rem cakram melenting akibat suhu panas yang berlebihan lantaran adanya gesekan antarkomponen.

Program ‘September Service Ceria’ Mitsubishi, Apa Manfaatnya?

Mengatasi atau menghilangkan decit pada rem mobil sebenarnya tidak sulit. Hanya butuh membersihkan cakram, tromol dan komponen lainnya yang ada di seputar roda mobil. Bahkan peralatan yang dibutuhkan juga terbilang sederhana diantaranya kunci roda, dongkrak, lap (kain bersih), kuas halus, cairan khusus pembersih rem atau kompresor jika tersedia.

Jika semua sudah siap, hanya ada 2 komponen yang harus dibersihkan untuk atasi rem berdecit yaitu cakram dan tromol. Pada cakram, langkah awal membersihkannya dengan melepas ban dengan kunci roda. Tapi biar aman, bodi mobil didongkrak dan bagian roda lainnya diganjal.

Mitsubishi Manjakan Konsumen Lewat Program September Service Ceria

Lalu semprotkan cairan pembersih rem mobil hingga merata pada cakram. Jarak penyemrotan antara cakram dan brake cleaner sekitar 10-15 cm, dan semprotkan hingga merata agar piringan cakram benar-benar basah dan sudah merontokan kerak yang ada.

Lap dengan kain bersih yang sudah disiapkan, sekaligus membersihkan sisa-sisa kotoran yang menempel pada cakram rem tersebut. Tidak lupa lakukan penyemprotan sekali lagi hingga kotoran benar-benar bersih.

Untuk membersihkan teromol rem caranya hampir sama yakni dengan melepas tromol dari rumahnya. Cara lepas teromol diketok menggunakan palu secara hati-hati atau perlahan untuk mempermudah. Setelah terlepas, tromol berdebu bersihkan dengan kompresor jika ada. Atau gunakan kuas halus yang sudah disiapkan

Jika debu sudah bersih, lakukan penyemprotan dengan brake cleaner agar hasilnya maksimal. Lalu pasang kembali cakram dan tromol. Mudahkan? (mus)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya