Download Our Application
A Group Member of VIVA

viva.co.id

  • Selasa, 3 Oktober 2017 | 10:31 WIB
  • Cara Mengatasi Knalpot Honda BeAT yang 'Nembak'

  • Oleh
    • Krisna Wicaksono,
    • Dian Tami
Cara Mengatasi Knalpot Honda BeAT yang 'Nembak'
Photo :
  • VIVAnews/Herdi Muhardi
All New Honda BeAT Injeksi. Ilustrasi.

VIVA.co.id – Beberapa pengendara motor Honda BeAT karburator mengeluhkan knalpot yang sering kali meletup ketika sedang berkendara. Saat tuas gas ditutup, letupan tersebut terjadi. Tidak keras memang, hanya saja cukup mengurangi kenyamanan.

Jika hal itu terjadi pada motor Anda, maka ada beberapa komponen yang wajib diperiksa. Dilansir dari Honda Community, Selasa 3 Oktober 2017, pertama yang perlu dilakukan adalah cek SASS (secondary air suplay system).

Fungsi SASS yakni mengatur semprotan udara bersih agar bereaksi dengan gas sisa pembakaran, yang nantinya diolah jadi gas ramah lingkungan.

Masalahnya, kalau aliran udara pada komponen itu ada yang tidak beres, bisa menimbulkan letupan. Cek selang-selang SASS, kalau-kalau ada yang terjepit atau terlipat. Kalau hal itu tak ditemui, langsung periksa katup di dalam SASS.

Katup itu berfungsi mengatur aliran udara bersih dan gas karbon dari sisa pembakaran mesin. Katup itu bisa saja tidak membuka-tutup secara sempurna, akibat adanya kotoran yang menyelinap ke permukaan katup.

Langkah yang tepat adalah meminta bantuan bengkel resmi untuk membersihkan katup itu, karena di dalam buku panduan manual, SASS hanya boleh dibuka oleh mekanik resmi.

Knalpot ‘nembak’ juga bisa terjadi akibat pengaturan debit bensin di karburator tidak sesuai dengan anjuran pabrik. Atur ulang sekrup udara pada karburator untuk mengatasi hal tersebut.

Jika gejala meletup tak kunjung hilang, lanjut membersihkan bagian dalam karburator. Kalau main jet atau pilot jet tersumbat kerak bensin, hal itu bisa bikin suplai bensin terganggu. (mus)