Download Our Application
A Group Member of VIVA

viva.co.id

  • Jumat, 6 Oktober 2017 | 12:30 WIB
  • AC Mobil Kurang Dingin, Simpan Sampo di Laci Dasbor

  • Oleh
    • Krisna Wicaksono
AC Mobil Kurang Dingin, Simpan Sampo di Laci Dasbor
Photo :
  • Pixabay
Sampo

VIVA.co.id – Hampir semua mobil yang yang dijual saat ini sudah dilengkapi pendingin kabin atau AC. Tidak hanya saat musim kemarau, AC juga sangat berguna ketika musim penghujan tiba.

Saat berkendara di tengah guyuran air hujan, AC berguna untuk menghalau timbulnya embun pada kaca. Embun bisa terbentuk akibat adanya perbedaan suhu antara luar dan dalam kabin.

Saat hujan turun, maka suhu udara luar berubah menjadi dingin. Jika tidak diimbangi dengan turunnya suhu di dalam kabin, maka uap air yang ada di dalam kabin akan menempel pada kaca dan membentuk embun.

Embun yang ada di kaca akan mengganggu pandangan pengemudi ke arah luar, sehingga tidak bisa memantau kondisi jalan dengan baik. Hal ini tentu sangat berbahaya.

Menurunkan suhu kabin bisa dilakukan dengan menghidupkan AC. Tapi jika AC kurang dingin, maka embun tetap bisa terbentuk di kaca.

Dilansir dari Astraworld, Jumat 6 Oktober 2017, salah satu cara yang bisa dilakukan untuk mengatasi embun kala AC mobil sedang rusak adalah dengan mengoleskan sampo.

Caranya adalah diawali dengan mengoleskan cairan tersebut secara merata di permukaan kaca bagian dalam secukupnya.

Tunggu beberapa saat sampai cairan tersebut mulai mengering, selanjutnya bersihkan cairan yang sudah mengering tersebut dengan lap yang sedikit basah.

Jika AC sedang tidak memiliki dana untuk memperbaiki AC mobil, maka sebaiknya simpan sampo di laci dasbor jika sewaktu-waktu turun hujan. (ase)