Download Our Application
A Group Member of VIVA

viva.co.id

  • Senin, 9 Oktober 2017 | 12:35 WIB
  • 10 Penyebab Kecelakaan Lalu Lintas, Anda Wajib Tahu

  • Oleh
    • Hadi Suprapto,
    • Pius Yosep Mali
10 Penyebab Kecelakaan Lalu Lintas, Anda Wajib Tahu
Photo :
  • VIVA.co.id/Erfan Septyawan
Kondisi mobil Suzuki Ertiga yang terlibat kecelakaan maut di ruas Tol Palikanci Cirebon, Sabtu (2/9/2017).

VIVA.co.id –  Kecelakaan lalu lintas masih banyak terjadi di jalanan di berbagai wilayah Indonesia. Tak hanya sekadar korban luka, kecelakaan lalu lintas pun berisiko mengakibatkan korban meninggal dunia.

Kepala Seksi Kemitraan Sub Direktorat Pendidikan Masyarakat Direktorat Keamanan dan Keselamatan Korp Lalu Lintas Polri AKBP Aldo Siahaan mengatakan, di Indonesia dalam satu jam setidaknya ada tiga kali kecelakaan lalu lintas.

"Di Indonesia tiga orang meninggal dalam satu jam karena kecelakaan lalu lintas. Bisa dihitung kan kalau per hari berapa, Kemudian per minggu, lalu satu bulan berapa," kata Aldo.

Dikatakan Aldo, penyebab kecelakaan di jalan raya di Indonesia pun beragam. Aldo merangkum 10 hal yang kerap menjadi penyebab kecelakaan di jalan raya, utamanya saat sedang berkendara dengan kendaraan bermotor, seperti berikut:

1. Tidak fokus

Pengemudi yang tidak fokus saat berkendara menjadi penyebab utama kecelakaan lalu lintas. Contohnya berkendara telepon, SMS, atau sembari makan dan minum.

2. Ngebut

Saat berkendara terlalu cepat alias ngebut, pengemudi akan sulit akan sulit bereaksi secara cepat dan tepat saat terjadi hal darurat.

3. Berpindah-pindah lajur

Jalan raya sudah dilengkapi dengan berbagai marka dan rambu untuk membantu pengendara. Jika ini tidak diperhatikan, termasuk pindah-pindah lajur, maka kecelakaan bukan hal sulit terjadi.

4. Terobos lampu merah

Meski terlihat sepele, menerobos lampu merah akan membahayakan, bukan hanya diri sendiri tetapi juga pengguna jalan lain.

5. Pengemudi remaja

Remaja umumnya memiliki tingkat emosi yang masih labil. Parahnya ini juga terjadi ketika mereka berkendara.

Selanjutnya...