Download Our Application
A Group Member of VIVA

viva.co.id

  • Senin, 9 Oktober 2017 | 15:50 WIB
  • Cara Rawat Kunci Kontak Biar Tak Gampang Longgar

  • Oleh
    • Rendra Saputra
Cara Rawat Kunci Kontak Biar Tak Gampang Longgar
Photo :
  • Honda
Kunci kontak motor.

VIVA.co.id – Seiring usia pemakaian, biasanya kunci kontak pada sepeda motor akan terasa longgar. Apalagi bagi kunci kontak yang tak pernah dirawat, bisa-bisa macet dan susah untuk dioperasikan. Bahkan yang terburuk, kunci kontak menjadi dol.

Kunci kontak dol dapat terlihat pada saat kunci kontak diputar pada posisi ‘ON’, tapi kunci masih bisa dicabut atau ditarik. Padahal apabila kunci kontak masih dalam fungsi yang bagus, seharusnya kunci kontak tidak akan bisa ditarik saat kunci kontak pada posisi ON.

Lantas adakah tips agar kunci kontak motor tidak cepat longgar atau dol. Seperti dilansir situs resmi Honda, Senin 9 Oktober 2017, cara pertama yakni kerap merawat kunci kontak dengan melumasi dengan oli atau pelumas. Bisa juga dilakukan dengan menyemprotkan WD-40. 

Tetapi perlu diingat, usahakan jangan menggunakan oli bekas, karena mengandung gram yang dapat membuat kunci motor jadi bertambah lapang dan mengakibatkan kunci kotor juga. Lalu usahakan juga tidak ada air yang mengendap di dalam rumah kunci kontak, terutama setelah mencuci motor.

Selanjutnya, jangan bebani kunci dengan gantungan atau mainan yang berat. Usahakan masuk atau keluarkan kunci dengan tidak memaksakan jika keras.

Lalu hindari benda asing masuk ke dalam rumah kunci kontak, misalnya patahan benda. Namun apabila kunci sudah terlanjur longgar atau dol, kaitkan kunci dengan tali agar tidak terjatuh saat berkendara. Lebih baik segera menggantinya jika mengalami kondisi demikian. (hd)