Cara Parkir Bagi Pemula, Praktis dan Aman

parkir mobil
Sumber :
  • Worldcarfans

VIVA.co.id – Sebagian pengemudi masih sering kesulitan memarkir mobilnya. Jika pun bisa, tidak sedikit yang caranya salah kaprah dan justru membahayakan.

Polda Metro dan Dishub Kaji Aturan Kepemilikan Garasi untuk Syarat Perpanjang STNK hingga SIM

Maka dari itu, teknik memarkir menjadi salah satu elemen dasar yang harus dikuasai oleh pengemudi. Ekstra hati-hati diperlukan saat pertama kali belajar memarkir mobil, jika tidak ingin ada goresan pada mobil kesayangan.

Lantas, bagaimana parkir yang benar itu? Simak tips otomotif berikut ini, seperti dilansir dari Kokgituya, Selasa 10 Oktober 2017.

Gokil! Viral Video Bocah Usia 3 Tahun Pamer Bawa Ferrari SF90 Milik Orang Tuanya

Langkah pertama yang harus diperhatikan adalah menilai jarak area parkir. Bila sudah, mundurlah pelan-pelan. Pastikan untuk memberi jarak antara sisi belakang atau samping mobil, agar tidak kesulitan saat keluar dari mobil.

Selain itu, amati keadaan sekitar melalui spion serta area bahu untuk memastikan keadaan di belakang mobil pada saat parkir.

Catatan Buat Orang Tua, 4 Bahaya Meninggalkan Anak di Dalam Mobil

Jangan terlalu mengandalkan sensor parkir untuk memandu, sebab sensor tersebut bisa saja tidak akurat. Hindari berhenti tiba-tiba pada saat mencari tempat parkir. Mengemudilah secara hati-hati untuk mencari tempat parkir yang aman dan lebih luas, sehingga mobil tidak berdempetan dengan mobil lain.

1. Parkir Tegak Lurus

Cara terbaik untuk parkir tegak lurus adalah dengan menyamakan posisi kaca spion mobil kamu dengan mobil di samping. Selain itu, pastikan bumper depan mobil sudah dekat dengan pembatas area parkir di depan.

2. Parkir Miring

Parkir dengan sudut seperti ini merupakan cara parkir yang mudah untuk dilakukan, termasuk untuk pemula. Tak heran jika parkir jenis ini banyak tersedia. Apalagi banyak ruang kosong yang mempermudah mobil masuk.

Langkah yang pertama yang mesti dilakukan adalah sejajarkan arah mobil dengan garis parkiran. Selanjutnya, pindahkan gigi ke posisi mundur dan pastikan arah mobil menyerong 45 derajat.

3. Parkir Paralel

Ini salah satu teknik parkir yang cukup rumit. Yang harus diperhatikan yakni ruang parkirnya. Perhatikan sudut bagian belakang mobil yang parkir, jangan sampai tersenggol.

Masukkan gigi mundur, kemudian putar setir ke sisi arah tempat parkir. Mundurkan perlahan, lalu putar kemudi sesuai ke arah yang ingin dituju. Usahakan kondisi mobil sejajar dengan yang di depan dan belakang. (hd)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya