Biar Rem Parkir Skutik Pakem Maksimal, Begini Caranya

Rem parkir sepeda motor skutik.
Sumber :
  • Honda Community

VIVA.co.id – Motor skuter matik belakangan ini sudah diberikan peranti standar bawaan pabrik berupa rem parkir atau parking brake. Rem parkir mengaktifkan rem belakang motor matik, dan berfungsi ketika motor diparkir pada permukaan yang tidak datar, sehingga motor tetap diam di tempatnya.

Motor Ada Suara Berdecit? Segera Cek Bagian-bagian Ini

Fitur ini juga berfungsi ketika motor berhenti dalam keadaan mesin menyala, seperti di perlintasan kereta api atau di persimpangan jalan guna menjaga pengendara lupa dan memutar throttle gas.

Untuk merawatnya tidaklah sulit. Anda bisa lakukan sendiri di rumah. Lantaran menggunakan sistem mekanis, maka perawatannya hanya seputar memberi pelumasan pada bagian mekanisnya, tuas, engsel dan pegasnya, cukup diberikan pelumasan dari produk cairan penghilang karat agar tetap berfungsi normal.

Penting Banget Nih Cara-cara Merawat Rem Cakram Motor Agar Awet

Tak kalah penting juga menyetel jarak main rem belakang, karena jika setelan rem terlalu dalam, maka ketika parking brake diaktifkan fungsinya tidak akan maksimal. Sebaliknya, jika rem belakang diatur terlalu tinggi pun rem parkir akan sulit diaktifkan. Demikian seperti dilansir situs resmi Honda.

Carilah pengaturan yang pas dengan cara memutar setelan rem belakang di bagian paha rem, sambil mencoba mengaktifkan rem parkir sehingga didapat pengaturan yang pas. (hd)

Catatan Buat Orang Tua, 4 Bahaya Meninggalkan Anak di Dalam Mobil
Service Motor

5 Hal Sepele yang Bikin Sepeda Motor Boros Bensin

Sayangnya, banyak orang tidak sadar bahwa kebiasaan sepele mereka dapat membuat motor boros bensin.

img_title
VIVA.co.id
14 Februari 2024