Salah Kaprah Arti Headrest di Jok Mobil

Sandaran kepala atau headrest.
Sumber :
  • Snopes

VIVA.co.id – Pengemudi kerap melakukan berbagai cara, agar tetap merasa nyaman saat berada di dalam kabin mobil. Salah satunya menempatkan akseori bantal pada sandaran kepala, atau headrest.

Mengenal Forged Piston, Teknologi Unggulan Yamaha Adopsi dari MotoGP

Direktur Jakarta Defensive Driving Consulting, Jusri Pulubuhu mengatakan, pemasangan aksesori bantal akan menghilangkan fungsi headrest, yakni melindungi cedera leher pada saat tabrakan dari belakang.

"Headrest harus digunakan pada tempatnya. Headrest tidak boleh ditambah aksesori seperti bantal-bantalan atau apa," kata Jusri kepada VIVA.co.id di Jakarta, Selasa 17 Oktober 2017.

Pengguna Mobil yang Terjebak Macet di Puncak Wajib Periksa Ini

Headrest berfungsi untuk meredam dampak dari benturan kepala dan leher setelah kendaraan terdorong ke depan. Dengan adanya bantal, kepala tak bisa menyentuh headrest karena tertahan. 

"Penggunaan headrest yang tepat mengurangi risiko cedera serius pada leher, tulang leher pada saat tabrakan dari belakang. Sehingga, headrest enggak boleh digantungi bantal-bantalan," tuturnya

Jasa Stiker Bodi Mobil dan Motor Kini Tak Cuma di Pulau Jawa

"Dan, headrest juga jangan dicopot. Banyak anak muda sekarang copot headrest, karena enggak betah. Headrest berfungsi bukan untuk istirahat, rest itu singkatan dari restraint, pengaman," ujarnya menambahkan.

Ilustrasi orang tua dan anak di mobil

Catatan Buat Orang Tua, 4 Bahaya Meninggalkan Anak di Dalam Mobil

Agar tidak dibuat repot anak, ada beberapa orang tua yang terpaksa meninggalkan anaknya di dalam mobil saat mengujungi suatu tempat, meski dianggap sebentar.

img_title
VIVA.co.id
9 Maret 2022