Download Our Application
A Group Member of VIVA

viva.co.id

  • Kamis, 19 Oktober 2017 | 13:38 WIB
  • Komponen Motor yang Mudah Rusak Akibat Sering Kena Air

  • Oleh
    • Rendra Saputra,
    • Dian Tami
Komponen Motor yang Mudah Rusak Akibat Sering Kena Air
Photo :
  • VIVA.co.id/Suparman
Sejumlah pengendara sepeda motor mendorong kendaraannya yang mogok akibat banjir di jalur alternatif Gedebage Kota, Bandung, Jawa Barat, pada Jumat, 28 Oktober 2016.

VIVA – Curah hujan yang mulai tinggi beberapa waktu belakangan tentu membuat pengendara motor harus lebih waspada dan memperhatikan kendaraan yang digunakan. Sebab, berbagai masalah bisa saja terjadi saat musim hujan, seperti masalah karena nekat melibas genangan air.

Asisten Manajer Technical Training PT Daya Adicipta Motor (DAM), distributor sepeda motor Honda Jawa Barat, Ade Rohman, menyebutkan, ada beberapa komponen motor yang rentan rusak akibat sering terkena air. "Bagian motor yang paling cepat rusak bila terkena air adalah bagian yang bergesekan, seperti gear roda dan rantai, bearing, magnet, spool dan CVT," katanya kepada VIVA.co.id.

Ade menambahkan, komponen tersebut rentan terhadap air karena terbuat dari logam dan besi yang dapat dengan mudah berkarat apabila sering terkena air. "Karena umumnya komponen tersebut terbuat dari besi atau logam yang rentan berkarat. Sehingga disarankan untuk sebagian komponen tersebut dilumasi agar tidak mudah berkarat," ujarnya.

Meski demikian, Ade menegaskan, motor yang sering terkena hujan belum tentu cepat rusak. Karena yang menentukan usia pemakaian sebuah kendaraan bermotor adalah pemiliknya sendiri.

"Belum tentu sepeda motor akan cepat rusak karena sering dipakai pada saat hujan, yang menentukan masa pakai adalah sistem dan jadwal perawatannya. Karena itu, semuanya kembali lagi pada pemilik kendaraan," katanya. (ren)