Download Our Application
A Group Member of VIVA

viva.co.id

  • Kamis, 19 Oktober 2017 | 14:26 WIB
  • Motor Sering Terobos Banjir, Rutin Cek Komponen Ini

  • Oleh
    • Toto Pribadi,
    • Dian Tami
Motor Sering Terobos Banjir, Rutin Cek Komponen Ini
Photo :
  • VIVAnews/Anhar Rizki Affandi
Motor mogok akibat terobos banjir.

VIVA – Jakarta dalam beberapa hari ini diguyur hujan deras yang mengakibatkan beberapa jalan terendam banjir. Dan tak sedikit pengguna jalan yang nekat menerobos banjir, termasuk para biker.

Nah, dalam kesempatan ini, VIVA.co.id akan mengulas beberapa komponen motor yang harus diperhatikan usai menerebos banjir. Hal ini tentu menjadi penting demi menjaga performa motor Anda.

Tidak banyak yang tahu bila motor yang sering kali terkena air hujan dan genangan air beberapa komponennya akan cepat berkarat apabila tidak dibersihkan dengan benar.

Menurut Asisten Manajer Technical Training PT Daya Adicipta Motora (DAM) untuk distributor sepeda motor Honda Jawa Barat, Ade Rohman, pemilik kendaraan harus segera membersihkan motor sesudah digunakan untuk menerobos banjir.

"Cara merawatnya dengan melakukan pembersihan atau mencuci motor segera, lalu mengeringkan dengan mengelap atau menyemprot angin dan kemudian lakukanlah pelumasan kepada komponen yang bergesekan atau bergerak," katanya kepada VIVA.co.id.

Agar mesin tetap optimal, Ade juga menyarankan pemilik kendaraan untuk memastikan bagian kelistrikan aman dari air.  "Kalau bisa hindari genangan air serta banjir yang dapat merendam sebagian atau seluruh bagian mesin serta elektrik," ujar dia.

Sedangkan untuk merawat motor, lanjut Ade, pemilik sebaiknya rutin memeriksa tutup oli mesin agar terhindar dari kebocoran. Lalu periksa tutup busi dari kebocoran yang mengakibatkan konsleting. Tak kalah penting, perhatikan kabel bodi dari pengelupasan atau kemasukan air.

"Saat hendak mengeringkan dengan motor dengan dilap atau saat hendak di semprot angin kompresor, periksa juga accu (aki) khususnya pada motor matik," kata Ade. (ren)