Bolehkah Rem Seret Dikasih Oli?

Mengganti kampas rem motor.
Sumber :
  • http://edorusyanto.wordpress.com

VIVA – Rem merupakan sebuah elemen penting pada motor. Kecelakaan bisa saja terjadi apabila terdapat kerusakan pada komponen ini. Karena hal tersebut, pemilik kendaraan bermotor sebaiknya selalu memperhatikan kinerja rem pada kendaraan, agar dapat berfungsi dengan baik.

Mengenal Forged Piston, Teknologi Unggulan Yamaha Adopsi dari MotoGP

Ahmad selaku pemilik bengkel Eka Jaya Motor, yang terletak di kawasan Jakarta Barat, mengatakan, terdapat beberapa hal yang harus selalu diperhatikan pemilik kendaraan agar rem bekerja secara optimal.

“Sebenarnya menjaga rem agar bekerja secara optimal itu mudah, pemilik kendaraannya saja yang harus selalu teliti,” kata Ahmad kepada VIVA.co.id.

Pengguna Mobil yang Terjebak Macet di Puncak Wajib Periksa Ini

Hal pertama yang harus dilakukan, kata dia, yakni memperhatikan jangka waktu perawatan atau mengecek apakah rem sudah berbunyi serta pijakan pada rem sudah terasa lebih dalam. Apabila rem terasa keras, biasanya disebabkan rumah rem kotor, sehingga lebih baik dibersihkan akan daya kerjanya kembali optimal. "Jangan berikan pelumas pada rumah rem, karena itu bisa mengurangi sistem kerja rem," ujar Ahmad.

Selain itu, perhatikan juga dengan teliti minyak rem pada motor dan cakram pada motor.  Apabila sudah mengeluarkan suara, lebih baik segera diganti. Tak lupa untuk selalu mengecek piston dan seal piston. “Apabila sudah aus, pemilik wajib mengganti komponen tersebut,” katanya. (ren)
 

Jasa Stiker Bodi Mobil dan Motor Kini Tak Cuma di Pulau Jawa
Ilustrasi orang tua dan anak di mobil

Catatan Buat Orang Tua, 4 Bahaya Meninggalkan Anak di Dalam Mobil

Agar tidak dibuat repot anak, ada beberapa orang tua yang terpaksa meninggalkan anaknya di dalam mobil saat mengujungi suatu tempat, meski dianggap sebentar.

img_title
VIVA.co.id
9 Maret 2022