Saat Kepepet, Boleh Isi Aki Pakai Air Mineral?

Aki mobil
Sumber :
  • Youtube

VIVA – Seiring pemakaian, air pada aki kendaraan tentu akan berkurang jumlahnya. Berkurangnya air aki terjadi akibat naiknya suhu aki, yang bisa disebabkan pemakaian atau ada sel aki yang rusak.

Benarkah Kurang Minum Sebabkan Masalah Penyakit Ginjal? Begini Jawaban Pakar

Jika ketinggian air aki berkurang atau mendekati level terendah, maka sudah saatnya pemilik kendaraan menambah air aki, agar kinerjanya tetap maksimal.

"Kalau kurang air aki itu enggak perlu diganti, hanya ditambah. Kalau ditambah, ya pakai air aki," ungkap Technical Advisor Quality Assurance Astra Otoparts, Sahrudin di Kawasan Kelapa Gading, Jakarta Utara, Kamis 26 Oktober 2017.

Nestle Prancis Digugat karena Diduga Lakukan Proses Pengolahan Air Mineral Secara Ilegal

Terkait air aki, ada pandangan bahwa jumlah yang berkurang bisa digantikan oleh air mineral kemasan. Benarkah hal tersebut boleh dilakukan? 

Menurut Sahrudin, sampai saat ini masih ada kasus mengganti air aki dengan air mineral atau air biasa. "Ada sih yang begitu, karena awam,” tuturnya.

Diminum Tentara Israel, Air Mineral Sirma Dari Turki Masuk Daftar Produk yang Diboikot

Menurut dia, bila dalam pemakaian yang wajar, umur aki untuk mobil bisa sekitar satu sampai satu setengah tahun. Untuk motor bisa berumur sampai dua tahun.

Bila pemilik kemudian menambahkan air mineral sebagai pengganti air aki, maka umur aki menjadi lebih pendek. Namun jika hal itu sudah terlanjur terjadi dan tidak ada masalah, maka pemilik tidak perlu melakukan apa-apa.

"Kalau sudah dituang dan enggak terjadi korsleting, ya enggak masalah. Tetapi kalau kita tuang kemudian terjadi korsleting, akan menyebabkan baterai bermasalah, enggak bisa dipakai," kata dia.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya