Download Our Application
A Group Member of VIVA

viva.co.id

  • Senin, 6 November 2017 | 13:34 WIB
  • Driver Pemula, Ikuti Tips Ini di Jalanan Menanjak dan Macet

  • Oleh
    • Hadi Suprapto
Driver Pemula, Ikuti Tips Ini di Jalanan Menanjak dan Macet
Photo :
  • VIVA.co.id/Dian Tami Kosasih
Uji berkendara New Daihatsu Ayla.

VIVA – Dalam mengemudikan kendaraan perlu adanya sikap terampil dan cekatan agar tidak terjadi kesalahan yang dapat berakibat fatal. Terutama dalam mengemudikan mobil matik yang pada dasarnya memiliki tingkat kemudahan dan kenyamanan dalam mengemudi.

Salah satu medan tersulit mengemudi bagi pemula adalah kondisi jalan yang menanjak, apalagi ditambah dengan keadaan macet. Terkadang banyak orang yang bingung cara mengemudi mobil, termasuk juga matik, saat menemui kondisi itu.

Sebab, jika tidak paham benar caranya, bisa jadi mobil akan mundur dan membahayakan pengendara lain.

Berikut tips aman di jalan menanjak bagi pemula, seperti dikutip dari laman Daihatsu, Senin 6 November 2017.

1. Perhatikan tingkat kecuraman

Hal pertama yang harus diperhatikan, kecuraman tanjakan. Sebab, ini akan berkaitan dengan tuas yang digunakan. Tuas transmisi matik ada N untuk posisi netral, P untuk posisi parkir, R artinya reverse atau mobil melaju mundur, serta D untuk kondisi mobil melaju ke depan. Lalu, ditambah lambang D2, dan D1 atau L, di bawah posisi D.

2. Cocokkan tuas transmisi

Jika berada di jalan tanjakan daerah pedesaan maupun pegunungan yang biasanya memiliki medan yang lebih curam, Anda tidak cukup jika hanya menggunakan mode D. Tetapi, gunakanlah transmisi D2 untuk bisa melaluinya dengan mudah.

Selain itu, jika tanjakan semakin curam, Anda bisa menggunakan posisi D1. Posisi ini ibaratnya gigi 1 pada mobil manual. Posisi ini digunakan untuk tanjakan yang sangat curam atau ketika terjebak macet dan berjalan merayap di tanjakan.

3. Jangan injak rem saat pindah tuas dari D ke D2 atau D1

Hindari penggunaan rem saat akan pindah gigi dari posisi D ke D2 atau D1. Anda hanya harus menekan tombol yang ada di tuas persneling untuk dapat memindahkan gigi. 

4. Biasakan dan terus berlatih

Anda harus terbiasa menggunakan mobil matik saat kondisi jalan menanjak dengan cara terus berlatih. Dengan begitu, akselerasi mobil matik jadi lebih bertahap yang hampir sama ketika sedang mengendarai mobil manual saat posisi tanjakan.