Kenali Warna Susu pada Oli Motor, Ternyata Bahaya

Pengendara sepeda motor nekat menerobos banjir di Mangga Dua, Jakarta, 21 Februari 2017.
Sumber :
  • REUTERS/Beawiharta

VIVA – Musim hujan biasanya menjadi momok menakutkan bagi para pengguna sepeda motor. Itu artinya perawatan terkait kuda besinya harus ekstra dilakukan jika tak ingin kendaraannya cepat rusak.

Catatan Buat Orang Tua, 4 Bahaya Meninggalkan Anak di Dalam Mobil

Salah satu masalah yang sering dihadapi yakni bercampurnya oli mesin dengan air. Percampuran ini terjadi karena motor digunakan untuk menerjang banjir yang saat ini masih menjadi pemandangan umum di kota-kota besar termasuk Jakarta.

“Genangan air ini bisa bercampur dengan oli. Ini tentu berbahaya buat oli kendaraan," kata Technical Service Analyst Astra Motor Jakarta, Rangga Noviar kepada VIVA di Jakarta, Rabu 15 November 2017.

Mengenal Forged Piston, Teknologi Unggulan Yamaha Adopsi dari MotoGP

Kata dia, saat pengendara usai menerjang banjir atau genangan air disarankan untuk memeriksa kondisi oli. Hal itu dilakukan untuk memastikan oli tak tercampur dengan air.

"Kemungkinan air masuk bisa sekali kalau saat musim hujan. Kalau sudah masuk, dia akan bersenyawa dan mengubah warna jadi putih susu. Harus dikuras olinya jika tak ingin merusak mesin," ujarnya.

Pengguna Mobil yang Terjebak Macet di Puncak Wajib Periksa Ini
Gerbang tol Cikampek Utama. (Foto ilustrasi)

Libur Nataru, Ngebut di Jalan Tol ini Siap-siap Ditilang

Di jalan tol ini, terdapat dua jenis pelanggaran yang akan dipantau, yakni pelanggaran batas kecepatan dan pelanggaran kelebihan muatan.

img_title
VIVA.co.id
16 Desember 2022