Download Our Application
A Group Member of VIVA

viva.co.id

  • Senin, 20 November 2017 | 12:29 WIB
  • Servis AC Mobil, Baiknya Tiap Berapa Kilometer?

  • Oleh
    • Rendra Saputra,
    • Yunisa Herawati
Servis AC Mobil, Baiknya Tiap Berapa Kilometer?
Photo :
  • Pixabay
AC mobil (Ilustrasi).

VIVA – Merawat mobil tak hanya dilakukan pada mesin. Namun sejumlah peranti juga tak boleh luput dari perhatian pemilik kendaraan roda empat, salah satunya air conditioner atau AC.

AC menjadi salah satu peranti penting pada interior mobil, karena berfungsi menyejukkan kabin kendaraan sehingga berkendara bisa lebih nyaman. Penggunaan AC bisa awet apabila dirawat secara rutin oleh pemiliknya.

Menurut Steven Lie, kepala bengkel Auto Rotary AC Mobil, Rawamangun, Jakarta Timur, perawatan berkala AC mobil sebaiknya dilakukan setiap kelipatan 10 ribu kilometer.

"Kalau telat servis, biasanya pada evaporator tertumpuk kotoran, maka angin menjadi terhambat menghembuskan ke kabin mobil sehingga menjadi kurang dingin," kata Steven kepada VIVA di Jakarta, Senin, 20 November 2017.

Oleh sebab itu, kata dia, saat melakukan servis AC, sebaiknya juga dilakukan pemeriksaan terhadap evaporator. Meski terbilang cukup mahal, namun servis komponen AC lainnya juga bisa dilakukan untuk membuat kesejukan kabin mobil tetap terjaga.

"Kalau evaporator enggak diservis, diservis ringan saja, yaitu seperti servis motor blower, servis kondenser, dan penggantian kabin filter selama enam bulan sekali. Dan lakukan juga servis besar membongkar turun dari mobil dua tahun sekali," ujarnya.

Adapun servis ringan AC mobil bisa memakan biaya sekitar Rp385 ribu-Rp400 ribu dengan memakai filter merek Denso. "Kalau filter pakai merek non Denso, Rp345 ribu," kata dia. (one)