Download Our Application
A Group Member of VIVA

viva.co.id

  • Selasa, 21 November 2017 | 10:29 WIB
  • Seram Banget, Begini Efek Mobil Sering Telat Ganti Oli

  • Oleh
    • Rendra Saputra
Seram Banget, Begini Efek Mobil Sering Telat Ganti Oli
Photo :
  • Toyota
Efek telat ganti oli pada mesin.

VIVA – Mengganti pelumas mesin mobil memang terdengar sepele. Namun efeknya mengerikan jika telat melakukannya. Apalagi bila mobil yang dimaksud adalah tipe matik. Bagian transmisinya jangan luput dari perhatian penggantian pelumas secara berkala.

Sebab mobil matik sangatlah bergantung pada oli transmisi yang harus selalu dalam kondisi baik. Bila hal tersebut diabaikan, maka jangan heran kendaraan Anda mulai mengalami masalah-masalah hingga membuat mobil tidak mampu beroperasi lagi.

Menurut Iwan Abdurahman, General Repair Sevice Manager Toyota Astra Motor, mobil yang telat ganti oli akan berpengaruh pada performa mesinnya. Tenaga akan lemah, sementara terparahnya, mati total.

“Akibat dari telat mengganti oli, yang paling terasa yaitu tenaga mobil akan berkurang, bahkan lebih parahnya lagi, mobil tidak akan bisa bergerak. Itu terjadi karena temperatur yang naik, kemudian efek pelumasannya berkurang,” ucapnya, seperti dilansir dari situs resmi Toyota, Selasa 21 November 2017.

Iwan pun melanjutkan, biaya yang harus dilakukan jika sampai mobil matik rusak sangatlah beragam. Hal ini bisa bergantung pada jenis kendaraan, namun biaya yang akan dikeluarkan untuk perbaikan komponen transmisi ini bisa mencapai jutaan.

“Kalau hanya pelat kopling ditambah jasa bongkar, tidak terlalu mahal tapi memang jutaan. Tentunya juga tergantung model mobilnya, karena harga part dan jasa tentu akan berbeda-beda. Secara kisaran, ada yang hanya jutaan, tapi ada juga yang sampai puluhan juta khususnya untuk mobil mewah,” ujar Iwan. (ren)