Ketahui Bahaya Pakai Sarung Mobil Warna-warni

Ilustrasi sarung mobil.
Sumber :
  • Teslamotors

VIVA – Agar tak kena debu atau kotoran, pemilik mobil kerap mensiasatinya dengan menggunakan penutup atau serung mobil (car cover) saat parkir. Selain debu dan kotoran, sarung mobil juga berfungsi melindungi mobil dari air hujan, embun, hingga tangan-tangan jahil yang iseng menggores permukaan cat.

Catatan Buat Orang Tua, 4 Bahaya Meninggalkan Anak di Dalam Mobil

Selain itu menggunakan pelindung atau sarung mobil tentu membantu menjaga eksterior dan permukaan cat mobil lebih bersih. Di pasaran saat ini tersedia berbagai bahan dan ukuran penutup mobil, sehingga konsumen tinggal menyesuaikan dengan mobil yang dimiliki.

Seperti dilansir Astraworld, Kamis 23 November 2017, pilihlah penutup mobil yang besarnya sesuai dengan ukuran mobil, jangan terlalu besar ataupun malah terlalu kecil. Jika ukuran sarung terlalu kecil, akan ada bagian sisi bodi bagian bawah yang tidak tertutupi, sehingga bisa terkena cipratan air hujan atau debu.

Mengenal Forged Piston, Teknologi Unggulan Yamaha Adopsi dari MotoGP

Sarung mobil yang terlalu besar kemungkinan tidak terpasang dengan presisi, sehingga bagian bawah sarung mobilnya tidak kencang, hal ini dapat menyebabkan sarung terlepas atau terangkat ketika ada angin yang berembus kencang.

Selain ukuran, bahan sarung mobil juga sebaiknya disesuaikan dengan kondisi lokasi parkir mobil. Apabila lokasi parkir mobil pada tempat terbuka atau yang kemungkinan besar terkena hujan (outdoor), sebaiknya menggunakan sarung mobil berbahan dasar parasut atau polyester, karena jenis bahan ini yang tidak tembus air hujan.

Pengguna Mobil yang Terjebak Macet di Puncak Wajib Periksa Ini

Bahan jenis ini mempunyai ciri-ciri antara lain permukaan bahannya yang licin dan tidak berpori, sehingga mempunyai efek waterproof pada saat terkena air hujan. Kekurangan bahan yang tidak tembus air adalah kemungkinan adanya embun pada bagian dalam sarung mobil. Jika bagian dalam sarung mobil berembun atau ada air yang meresap, segera lepaskan dan keringkan sarung mobilnya. Tujuannya agar tidak terjadi bercak-bercak jamur pada permukaan cat mobil.

Untuk kondisi berikutnya adalah mobil lebih sering diparkir pada ruang tertutup (indoor) seperti di garasi atau gedung parkir. Pilih sarung mobil berbahan dasar kain yang berpori-pori. Tujuannya untuk memperlancar sirkulasi udara dan menghindari kelembaban pada permukaan cat bodi mobil.

Sebagai catatan, berhati-hatilah memilih sarung mobil yang warna-warni. Pilih yang berkualitas dan sebaiknya lakukan tes luntur-tidaknya warna pada sarung mobil yang akan Anda beli. Ada beberapa sarung mobil yang warnanya luntur saat terkena air hujan. Akibatnya, warna yang luntur melekat pada permukaan bahkan merusak cat mobil. (hd)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya