Beda Dinamo Starter dan Dinamo Ampere pada Mobil, Perlu Tahu

Dinamo starter mobil.
Sumber :
  • Howacarworks

VIVA – Perawatan untuk kendaraan bermotor perlu diperhatikan benar oleh pemiliknya, seperti juga dinamo. Meski tak banyak yang tahu, ternyata mobil memiliki dua dinamo dengan fungsi yang berbeda, yakni dinamo stater dan dinamo Ampere. Lalu, apa perbedaan dua dinamo tersebut?.

Libur Nataru, Ngebut di Jalan Tol ini Siap-siap Ditilang

Menanggapi pertanyaan tersebut, pemilik bengkel khusus servis dinamo, Angkasa Teknik menjelaskan cara kerja dinamo starter mobil. Dinamo starter, atau motor starter pada mobil merupakan salah satu komponen mesin kendaraan yang berfungsi memutar mesin pertama kali.

Dinamo starter akan mengubah energi listrik menjadi energi gerak untuk memutar crankshaft mesin, atau poros mesin melalui fly wheel, atau roda gila.

Program ‘September Service Ceria’ Mitsubishi, Apa Manfaatnya?

"Dinamo starter itu waktu pemilik kendaraan mau start mobil itu pakai dinamo starter. Jadi, memang di dalam mobil ada dua dinamo," kata Supardi di bengkelnya yang terletak di Jalan Panjang, Jakarta Barat.

Sedangkan untuk dinamo ampere atau alternator pada mobil, memiliki fungsi untuk mengisi setrum aki sebagai sumber energi listrik untuk mensuplai kebutuhan tenaga listrik mobil saat mesin hidup.

Mitsubishi Manjakan Konsumen Lewat Program September Service Ceria

"Dinamo ampere itu memiliki fungsi untuk pengisian ke aki. Kalau sekarang ada yang masuk dahulu ke komputer, baru ke aki. Memang, beda fungsi dinamo starter dan ampere," katanya.

Dalam kesempatan itu, Supardi juga menjelaskan penyebab dinamo starter tak berfungsi, alias rusak. "Ada beberapa hal penyebab dinamo starter tidak mau menyala seperti contohnya karbon brush habis," katanya.

Masih menurut Supardi, lalu juga bisa disebabkan setrum aki kurang atau aki soak, solenoid starter rusak, dan gulungan di dalam motor starter terbakar.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya