Download Our Application
A Group Member of VIVA

viva.co.id

  • Rabu, 6 Desember 2017 | 13:32 WIB
  • 8 Kiat Jadi Pengendara Cerdas saat Musim Hujan

  • Oleh
    • Hadi Suprapto
8 Kiat Jadi Pengendara Cerdas saat Musim Hujan
Photo :
  • ANTARA Foto/Aloysius Jarot Nugroho
Dua pengendara mobil menerobos banjir di Klaten akhir November 2017.

VIVA – Musim hujan sudah datang. Hampir tiap hari sebagian besar wilayah Indonesia diguyur hujan. Bahkan tiap hujan, ada saja wilayah yang terkena banjir.

Namun, banjir tidak boleh jadi penghalang aktivitas sehari-hari. Kita masih bisa melakukan berbagai kegiatan dengan tetap memperhatikan keselamatan diri dan pengendara lain.

Untuk itu, kita perlu menjadi pengendara cerdas dengan menerapkan beberapa kiat berkendara aman di musim hujan.  Berikut tips cerdas berkendara menurut Asuransi Astra:

  1. Selalu pantau kondisi jalan. Hindari bepergian ke tempat-tempat rawan banjir kalau tidak ada kepentingan sangat mendesak. Jika aktivitas tidak bisa ditunda, carilah jalur alternatif paling aman.
  2. Periksa lampu kendaraan agar dapat menjaga jarak pandang dengan baik. Penglihatan yang terganggu akibat hujan dapat menghalangi jarak pandang saat berkendara. Oleh karena itu, pastikan lampu tidak rusak dan dihidupkan walaupun di siang hari.
  3. Kurangi kecepatan. Berkendara di cuaca terang sangat berbeda dengan kondisi hujan atau terdapat genangan. Hindari kolong flyover dan underpass, jalan berpohon besar, reklame raksasa, jalan cekung dan genangan air.
  4. Jaga jarak aman pengereman, jangan menerobos genangan, waspadai lubang dan gelombang air yang bisa masuk ke dalam ruang mesin.
  5. Berhenti apabila hujan terlalu lebat. Derasnya air hujan pasti mengganggu jarak pandang. Namun, apabila volume hujan terlalu besar sudah pasti jarak pandang semakin pendek dan wiper berpotensi mengalami gangguan. Oleh karena itu, berhentilah terlebih dahulu sampai hujan reda.
  6. Bila terjebak banjir dan mogok, segera matikan mesin, cabut aki, dorong mobil ke tempat yang aman.
  7. Jika mobil tidak bisa dievakuasi saat banjir, segera tutup ujung knalpot, cabut aki, dongkrak mobil dan ganjal dengan jack stand.
  8. Jangan langsung menyalakan mobil jika sempat terendam banjir. Periksa saringan udara, perlengkapan kelistrikan, oli, dan pengapian dalam kondisi baik.