Dua Bagian Mobil Ini Sering Terabaikan, Padahal Sangat Vital

Mengemudi saat hujan. Foto spion mobil.
Sumber :
  • REUTERS/Mike Blake

VIVA – Hujan terus mengguyur wilayah Indonesia khususnya Jabodetabek. Meski demikian, hujan tak menghentikan aktivitas masyarakat untuk berkendara di jalan termasuk pengguna mobil.

Catatan Buat Orang Tua, 4 Bahaya Meninggalkan Anak di Dalam Mobil

Pada mobil, peranti wajib menghadapi guyuran hujan saat berkendara adalah wiper. Alat ini berfungsi menyeka air hujan di kaca depan atau belakang untuk menjaga visibilitas pengemudi.

Meski dibilang peranti penting, keberadaan wiper ini tak jarang diabaikan oleh pengguna kendaraan roda empat. Hal itu diungkapkan Workshop Head Daihatsu Pangeran Jayakarta, Dolf Valentino.

Mengenal Forged Piston, Teknologi Unggulan Yamaha Adopsi dari MotoGP

"Hal ini sering dianggap sepele oleh pemilik mobil. Padahal perawatan wiper jadi poin penting saat musim hujan," kata Dolf kepada VIVA di Jakarta, Rabu 6 Desember 2017.

Menurut dia, pemilik mobil harus memeriksa kelenturan karet wiper agar bekerja dengan optimal menyeka air hujan. Kata Dolf, karet wiper harus dipastikan tidak keras dan tidak baret.

Pengguna Mobil yang Terjebak Macet di Puncak Wajib Periksa Ini

"Dan karet wiper mengeras, selain mengakibatkan sapuan air di kaca kurang bersih, dapat mengakibatkan permukaan kaca depan tergores dan baret-baret halus nantinya," ujarnya.

Namun, mengganti karet wiper juga dianggap tak cukup. Kata dia, kaca depan juga harus terbebas dari jamur. Jika kedua hal tersebut baik kondisinya, akan membuat pandangan pengemudi saat hujan tidak terganggu.

"Ganti karet Xenia lama Rp66 ribu per paket, Gran Max Rp83 ribu per paket, Ayla sekitar Rp38 ribu-Rp70 ribu. Kalau karet wiper pakai batangnya untuk Xenia Rp180 ribuan dan Terios Rp260 ribuan," kata dia. (art)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya