Pamer Mobil Tanpa Sopir, Bos Baidu Dicari Polisi

Mobil otonom yang dikembangkan Baidu.
Sumber :
  • Shanghaiist

VIVA.co.id – Selain sumber penggerak baru, teknologi di bidang otomotif roda empat yang saat ini juga dikembangkan adalah kemampuan mobil untuk bergerak sendiri. Teknologi ini biasa dikenal dengan istilah otonom.

Tragis! Korban Tabrak Lari Terlindas Mobil Otonom

Tidak hanya produsen mobil, beberapa perusahaan teknologi informasi juga tidak ketinggalan menggarap fitur otonom pada mobil. Contohnya Google dan Apple.

Dilansir dari Shanghaiist, Selasa 6 Juli 2017, pesaing Google dari China, Baidu, rupanya juga sedang mengembangkan teknologi tersebut. Bahkan, mereka sudah melakukan uji coba mobil otonom pada akhir 2015 lalu.

Puluhan Taksi Robot Error saat Terjebak Macet

Kala itu, pengujian dilakukan di sebuah area yang tertutup. Hal ini diperlukan, agar tidak menimbulkan bahaya bagi pengguna jalan lain, terutama saat mobil otonom sedang mengalami masalah.

Namun beberapa waktu lalu, bos Baidu, Robin Li, menjajal mobil tersebut di jalan raya. Hal itu diketahui saat Baidu tengah menggelar konferensi di Beijing, China. Kebetulan, Robin kala itu datang terlambat.

BMW Bangun Sirkut Megah Demi Lawan Teknologi Otonom Tesla

Saat dihubungi melalui panggilan video, Robin mengaku sedang dalam perjalanan menuju lokasi konferensi. Ia juga mengaku sedang berada di dalam mobil otonom dan duduk di bangku penumpang depan.

Dalam sekejap, video tersebut menyebar di dunia maya. Beberapa warganet kagum dengan kemampuan Baidu mengembangkan teknologi otonom. Namun, ada juga yang mempertanyakan aspek legalitas mobil yang ditumpangi Robin tersebut.

Sebab, hingga saat ini pihak kepolisian Beijing belum mengeluarkan izin untuk melakukan uji coba kendaraan otonom di kota tersebut. Oleh sebab itu, saat ini polisi sedang mencari keberadaan Robin untuk meminta keterangan lebih lanjut.

Uniknya, beberapa jam setelah video tersebut viral di dunia maya, Baidu membuat klarifikasi bahwa ada seseorang yang duduk di kursi pengemudi dalam mobil tersebut. Bukannya menyelesaikan masalah, hal itu justru membuat warganet bertanya-tanya, apakah itu berarti Robin berbohong soal mengendarai mobil otonom. (one)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya