Download Our Application
A Group Member of VIVA

viva.co.id

  • Selasa, 18 Juli 2017 | 09:15 WIB
  • Kisah Nenek 79 Tahun Ngebut Pakai Mobil Formula 1

  • Oleh
    • Krisna Wicaksono
Kisah Nenek 79 Tahun Ngebut Pakai Mobil Formula 1
Photo :
  • Youtube
Wanita pengemudi mobil F1 tertua di dunia, Rosemary Smith.

VIVA.co.id – Meskipun wanita sudah lama berjuang untuk hak-hak mereka, namun status mereka terkadang masih kerap dipandang sebelah mata. Salah satunya dalam bidang balap mobil.

Itu sebabnya mereka terus berjuang, agar kemampuan mereka bisa dianggap setara dengan pria. Jika beberapa waktu lalu ada nenek berusia 101 tahun memimpin sebuah konvoi motor gede, kali ini seorang wanita tua berusia 79 tahun berusaha mengendarai mobil Formula 1. 

Dilansir dari Autoevolution, Selasa 18 Juli 2017, wanita tersebut adalah Rosemary Smith. Lahir pada 1937 di Irlandia, orang akan mengira bahwa dirinya adalah seorang pensiunan. Namun, Rosemary sejatinya adalah seorang pembalap mobil reli terhebat di masanya.

Pada awalnya, Rosemary berprofesi sebagai perancang busana. Kecintaannya pada mobil balap dimulai ketika ia menjadi seorang pemandu (navigator) balap reli.

Tidak ingin sekadar memberi arah kepada pengemudi, ia pun mulai belajar mengendarai mobil kencang itu. Hasilnya, Rosemary berhasil mendapatkan kemenangan di ajang Tulip Rally, yakni sebuah balapan bergengsi yang digelar di Irlandia.

Kemampuannya mengemudikan mobil reli didapat dari ayahnya. Namun, ia sama sekali belum pernah mengendarai mobil Formula 1, yang notabene memiliki banyak perbedaan dengan mobil reli.

Rosemary mengendarai Renault Sport R.S 17 di Sirkuit Paul Richard, Prancis. Hal tersebut bermula ketika salah satu tim dari Renault Sport Formula menghubunginya, dan menawarkan untuk menjadi wanita tertua yang mengendarai mobil balap dengan 800 tenaga kuda.

Laporan Sheila Dwi Andani/Jakarta