Download Our Application
A Group Member of VIVA

viva.co.id

  • Selasa, 5 September 2017 | 13:18 WIB
  • Keren, Suara Mesin 125cc Ini Mirip Mobil Sport

  • Oleh
    • Krisna Wicaksono,
    • Yunisa Herawati
Keren, Suara Mesin 125cc Ini Mirip Mobil Sport
Photo :
  • Youtube
Mesin 10 silinder berkapasitas 125 cc.

VIVA.co.id – Bila berbicara mengenai mesin dengan kapasitas kecil, seperti 125 cc, maka yang ada di bayangan adalah sebuah mesin motor dengan satu silinder.

Namun, seorang pria bernama Keith di Amerika Serikat merancang mesin 125 cc dengan spesifikasi yang jauh berbeda.

Dilansir dari Carthrottle, Selasa 5 September 2017, Keith memiliki kemampuan untuk membuat sendiri komponen-komponen yang dibutuhkan sebuah mesin.

Sebelumnya, ia sukses membuat mesin berukuran kecil dengan delapan dan 12 silinder. Kali ini, ia berhasil membangun sebuah mesin berkapasitas 125 cc dengan spesifikasi 10 silinder.

Waktu yang ia butuhkan untuk memotong, mencetak dan menghaluskan semua bagian mesin mencapai tiga tahun lamanya.

Tidak hanya itu, ia juga harus merancang desain dari mesin itu sendiri, berapa derajat kemiringan piston, sistem pengapian yang digunakan hingga sistem injeksi untuk menyemprotkan bahan bakar.

Ketih juga harus membuat busi sendiri, karena ukuran busi yang ia butuhkan tidak tersedia di pasaran. Dalam prosesnya, banyak kendala yang ia temui. Mulai dari pembakaran yang tidak sempurna hingga komponen meleleh akibat salah perhitungan.

Setelah menyelesaikan proyek ini, Keith patut bangga. Hasil karyanya banyak menuai pujian dari warganet yang mengikuti proses pembuatan mesin dari awal.

Keith juga mengunggah video mesin tersebut saat dioperasikan pertama kali. Suara yang dihasilkan knalpot jauh berbeda dari mesin 125 cc yang biasa dipasang di sepeda motor. Bahkan, suaranya lebih mirip mobil sport yang sedang dipacu kencang.

Anda bisa melihat videonya di bawah atau klik tautan ini: