Download Our Application
A Group Member of VIVA

viva.co.id

  • Senin, 11 September 2017 | 17:21 WIB
  • Gara-gara Jalan Berdebu, Seisi Kota Dibumihanguskan

  • Oleh
    • Krisna Wicaksono
Gara-gara Jalan Berdebu, Seisi Kota Dibumihanguskan
Photo :
  • Carthrottle
Kota Times Beach yang harus dibumihanguskan karena tercemar zat kimia.

VIVA.co.id – Taman Kota 66 yang ada di Missouri, Amerika Serikat, menyajikan pemandangan yang asri dan menyejukkan. Namun siapa sangka, taman tersebut berdiri di atas sebuah lahan yang dulunya adalah sebuah kota.

Dilansir dari Carthrottle, Senin 11 September 2017, kota yang dimaksud adalah Times Beach, sebuah kota kecil dekat Kota St Louis. Times Beach didirikan pada 1925 silam dan berada di tepi Sungai Meramec.

Kota yang tadinya dijadikan sebagai tempat berlibur orang-orang kaya itu akhirnya berubah menjadi sebuah wilayah kumuh dan tidak terurus. Penyebabnya, sering terjadi banjir akibat meluapnya Sungai Meramec.

Hal itu pula yang menyebabkan kota ini tidak pernah memiliki jalanan beraspal. Semua jalan yang ada di dalam kota maupun akses masuk hanya berupa tanah berbatu. Setiap ada angin kencang, debu berterbangan dan mengotori udara kota.

Warga akhirnya memutuskan untuk mengontrak Russell Martin Bliss, seorang pengusaha yang bergerak dalam bidang pembuangan limbah oli. Kala itu, oli bekas umum disiramkan ke jalan untuk mengurangi debu. Guyuran oli menjadi solusi murah, ketimbang harus membeli aspal yang harganya tidak mampu ditanggung oleh warga kota.

Sayangnya, Russell tidak mengetahui bahwa oli yang disiramkan ke jalan mengandung zat kimia berbahaya. Selama bertahun-tahun, banyak kuda dan hewan lainnya yang mati di kawasan tersebut.

Saat diperiksa oleh dinas kesehatan setempat, diketahui bahwa Times Beach sudah tercemar oleh limbah berbahaya. Solusi satu-satunya adalah dengan membakar semua bangunan dan meratakannya dengan tanah.