Keren, Mobil Ini Bisa Jalan Pakai Stik Game

Mobil dikendalikan dari helikopter
Sumber :
  • Nissan Motor Indonesia

VIVA – Produsen mobil asal Jepang, Nissan, meluncurkan mobil canggih yang ditujukan bagi para pencinta game. Nissan menghadirkan GT-R /C, mobil yang dikendalikan dengan menggunakan stik games pada Dualshock 4. Kendaraan ini dihadirkan dalam rangka memperingati peluncuran game Gran Turismo di Eropa serta 20 tahun keterlibatan perusahaan dalam seri permainan tersebut.

Puluhan Orang Didenda Gara-gara Mencuci Mobil

Seperti keterangan yang diterima VIVA.co.id, Rabu 18 Oktober 2017, proyek mobil tersebut dimodifikasi secara ekstensif agar dapat sepenuhnya dikendalikan melalui stik games. Adapun kendaraan dengan kendali jarak jauh ini diklaim mampu mencapai kecepatan hingga 196 mph tanpa ada yang duduk di belakang kemudi.

Nissan GT-R/C dimodifikasi di Inggris oleh JLB Design Ltd menggunakan mesin dengan spesifikasi R35 542 bhp V62011. Mobil ini dilengkapi dengan empat robot yang mengendalikan kemudi, transmisi, rem dan tuas gas. Enam komputer dipasang untuk memperbaharui kendali hingga 100 kali per detik. Posisi kemudi juga diukur menjadi 1/65.000 posisi.

2 Angkot Biru Ini Jadi Viral di Media Sosial

Kendali stik games yakni DualShock 4 tanpa modifikasi terhubung dengan mikro komputer yang menerjemahkan sinyal dari tombol dan joystick untuk diteruskan ke sistem on-board GT-R/C. Operasi nirkabel ini memiliki jangkauan kendali utama hingga satu kilometer.

Mobil yang dihadirkan bagi para penggila game ini juga dilengkapi dengan dua sistem keselamatan independen yang beroperasi pada frekuensi radio yang berbeda. Dengan demikian, hal ini memungkinkan adanya dua operator tambahan melakukan pengereman ABS penuh dan mematikan mesin jika operator utama kehilangan kendali.

Cara Pemotor Hindari Basah saat Hujan Ini Bikin Warganet Tersenyum

Kecepatan mobil balap ini sempat diuji coba oleh pembalap NISMO sekaligus salah satu pemenang Nissan GT Academy Jann Mardenborough. Ia mengendalikannya dari kokpit helikopter Robinson R44 Raven II.

Dalam uji coba itu, pada putaran tercepat yang dicatat Mardenborough yakni 1 jam 17 menit 47 detik. Kecepatan rata-rata GT-R/C mencapai 76 mph/122 kph dan kecepatan tertinggi di 131 mph/211 kph. Sementara, kecepatan rata-rata pada sirkuit sepanjang 1.6 mil/2.6 km ini adalah sekitar 83 mph/134 kph.

Penilaian kecepatan mobil ini dibantu oleh sensor Racelogic VBOX Motorsport dipasang untuk mengirimkan data kecepatan ke layar LCD di bagian kokpit helikopter. Nantinya, mobil ini akan dibawa tur ke sekolah-sekolah dasar dan menengah di Inggris pada 2018 mendatang untuk mempromosikan karir di bidang ilmu pengetahuan, teknologi dan matematika. (one)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya