Download Our Application
A Group Member of VIVA

viva.co.id

  • Selasa, 7 November 2017 | 11:37 WIB
  • Mobil Terkencang Sejagat Ini Jadi Simbol Keperkasaan Nazi

  • Oleh
    • Krisna Wicaksono,
    • Pius Yosep Mali
Mobil Terkencang Sejagat Ini Jadi Simbol Keperkasaan Nazi
Photo :
  • Jalopnik
Mercedes-Benz W125 Rekordwagen.

VIVA – Partai Nazi adalah aib bagi bangsa Jerman. Tidak ada hal-hal baik yang dikatakan oleh mayoritas warga dunia saat partai tersebut berkuasa dan Jerman dipimpin oleh Adolf Hitler.

Coba saja datang ke salah satu museum Holocaust, Anda akan mengetahui bahwa kekejaman yang mereka lakukan jauh lebih buruk dari dugaan semula.

Namun, ada yang menarik dari partai tersebut. Para anggotanya menganggap bahwa kaum Arya lebih baik dibandingkan dengan kaum lain yang ada di seluruh dunia. Dan mereka berusaha membuktikannya di jalan raya.

Dilansir dari Jalopnik, Selasa 7 November 2017, pembuktian itu berupa merancang sebuah mobil yang mampu melaju kencang di jalan raya, dan tidak ada kendaraan lain yang bisa menandinginya selama puluhan tahun.

Untuk bisa melakukan hal itu, Nazi memilih jalan Autobahn sebagai lintasannya. Uniknya, Nazi sangat menentang ide pembangunan jalan bebas hambatan tersebut saat mereka belum menjadi partai yang memegang kekuasaan.

Tapi setelah Hitler memimpin Jerman, jalur Autobahn menjadi salah satu bahan propaganda Nazi untuk meningkatkan kepercayaan rakyat Jerman.

Mobil yang digunakan untuk keperluan itu dirancang oleh Mercedes-Benz. Diberi nama Mercedes-Benz W125 Rekordwagen, mobil ini berbasis model W125 yang kerap memenangkan lomba balap mobil.

Desainnya dibuat agar hambatan udara bisa seminimal mungkin. Mesin bawaan W125 delapan silinder diganti dengan mesin 12 silinder berkapasitas 736 daya kuda.

Mobil dikemudikan oleh Rudolf Caracciola, anggota dari kelompok Nazi yang gemar dengan dunia otomotif. Rudolf bahkan pernah dipercaya untuk mengantar mobil pesanan Hitler.

Pada 28 Januari 1938, mobil tersebut dipacu di Autobahn dan sukses melaju hingga kecepatan 431 kilometer per jam. Rekor itu bertahan hingga saat ini. (one)