Traya Tak Mau Disebut Band Beraliran Jazz

Band Traya
Sumber :
  • VIVAnews/Gestina Rachmawati

VIVAnews - Butuh waktu lama bagi band ini hingga akhirnya menelurkan album. Terbentuk tahun 2004, awalnya Traya terdiri dari tujuh personel, setelah itu dua personelnya mundur dan kini beranggotakan tiga orang, yaitu Aiyu (vokal), Jati (keyboard) dan Iyuz (bass).

"Seleksi alam. Waktu itu 2007 kami masih berlima, ada tawaran dari produser makanya kami ke Jakarta. Ternyata nggak sesuai dengan mimpi dari daerah, tapi kami malu kalau balik ke Malang lagi," kata Aiyu kepada VIVAnews di kawasan Bulungan, Jakarta Selatan.

Traya sendiri diambil dari bahasa Sansekerta yang artinya tiga. Mereka bertiga memutuskan tetap di Ibukota, sementara dua personel lainnya mundur. Hidup di Jakarta pun tak semudah yang telah mereka capai sekarang.

"Kami sempat makan mie instan satu buat bertiga. Awalnya dahulu titik terendah dibayarnya Rp7.500 per orang," katanya.

Musik yang mereka bawakan sebenarnya beraliran pop dance, namun banyak juga yang menyebut mereka beraliran jazz. "Banyak influence-nya ya mungkin kita dengarnya kan kebanyakan lagu Jepang atau Jamiroquai, kita sih nggak mau disebut jazz karena kita bukan jazz, hanya berbau jazz dan nggak mau ke satu jenis musik saja," kata Iyuz.

Dalam perhelatan Java Jazz 2012 kemarin, Traya ikut tampil. Bermain dua hari, penampilan mereka banyak menuai perhatian dari penikmat jazz maupun awam yang datang ke festival tahunan itu. Lingkup musikal mereka diwarnai oleh Sophie Ellis Bextor, Earth Wind & Dire, Frou Frou, The Ting Tings, Indra Lesmana dan Vina Panduwinata.

Kali ini mereka meluncurkan sebuah mini album yang berisi enam lagu dengan single berjudul 'Pacarmu Ternyata Pacarku'. Di awal kemunculan mereka, sempat juga terjadi perdebatan ketika mereka menawarkan lagu-lagunya pada pihak label.

"Kami disuruh agak melayu, padahal nggak gampang bikin melayu itu. Jadi kita bikin sesuai dengan apa yang kita mau dan dengan label sendiri. Kita lebih puas karena bikin sendiri," kata Jati.

Bukan Dibakar, Begini Cara Buktikan Keaslian Madu Murni
Dude Harlino dan Alyssa Soebandono Menyambut Anggota Keluarga Baru

Terpopuler: Artis Keturunan Darah Biru sampai Proses Kelahiran Anak Perempuan Alyssa Soebandono

Round-up dari kanal Showbiz pada Kamis, 25 April 2024. Salah satunya tentang cerita dari prosesi kelahiran anak perempuan pertama Alyssa Soebandono.

img_title
VIVA.co.id
26 April 2024