Kesatria Gajah Chicco Jerikho Usut Konflik Manusia-Gajah

Aktor Chicco Jerikho sang Kesatria Gajah melihat peta persebaran gajah pada zaman kerajaan di Museum Aceh, Banda Aceh, pada Selasa malam, 15 Agustus 2017.
Sumber :
  • VIVA.co.id/Dani Randi

VIVA.co.id - Aktor Chicco Jerikho mengunjungi Aceh untuk melihat kehidupan gajah di Tanah Rencong. Pemeran utama film Filosofi Kopi itu mendapatkan banyak cerita tentang konflik gajah dengan manusia selama di Aceh.

Wave of Cinema, Gelombang Pertama Konser Virtual Paduan Film dan Musik

Chicco menaruh perhatian serius tentang konflik manusia dengan gajah setelah setelah didaulat menjadi Elephant Warrior atau Kesatria Gajah oleh World Wildlife Fund (WWF). Dia mengingatkan, gajah adalah satwa yang mutlak harus dilindungi karena populasinya kian berkurang, apalagi di Sumatera, terutama Aceh.
 
Setelah beberapa hari mengobservasi gajah di Karang Ampar (tempat konflik gajah dengan manusia), Kabupaten Aceh Tengah, Chicco dan penggiat WWF menyelidiki lebih dalam penyebab konflik itu.

"Inilah yang ingin kami selidiki; apa, sih, penyebab sebenarnya konflik antara manusia dengan gajah,” kata Chicco kepada wartawan di Museum Aceh, Banda Aceh, pada Selasa malam, 15 Agustus 2017.
 
Selama mengobservasi Karang Ampar, Chicco merekam dan mengumpulkan informasi dan data dari masyarakat tentang konflik gajah-manusia. Dia bertekad segera merilis video hasil penyelidikan itu untuk mengampanyekan penyelamatan gajah.

Sosok Glenn Fredly Dihadirkan di Konser Filosofi Kopi Wave of Cinema

Berdasarkan data sementara yang telah dikumpulkan, kata Chicco, Aceh adalah daerah dengan populasi terbesar gajah Sumatera. Ditemukan sedikitnya 500 individu gajah yang tersisa di hutan Aceh.
 
"Setelah kunjungan ini, saya nanti akan bercerita dan merilis video di media sosial," ujarnya. 
 
Selama di Aceh, Chicco memiliki misi menyelamatkan gajah dari kepunahan lewat film dokumenter. Lokasi syutingnya dipusatkan di Karang Ampar, Kecamatan Ketoi, Pameu, Rusip— antara Aceh Tengah di Kabupaten Bener Meriah dan di Museum Aceh di Kota Banda Aceh.
 
Bagi Chicco, ketertarikannya dengan gajah sudah sejak kanak-kanak. Orang tuanya sering menceritakan bahwa hewan bertubuh besar itu sangat baik dan tidak jahat terhadap manusia.
 
Di tengah proses syutingnya di Museum Aceh, Chicco menyempatkan berbagi pengalaman dan mengajak anak-anak untuk menyayangi gajah.

Angga Yunanda

Adegan Mesra dengan Putri Marino, Angga Yunanda Minta Izin Chico

Dalam film Cinta Pertama, Kedua, dan Ketiga, Angga beradu akting dengan sederet aktor dan aktris ternama, salah satunya adalah Putri Marino

img_title
VIVA.co.id
28 Desember 2021