'Filosofi Kopi' Sampaikan Pesan untuk Hargai Petani Kopi

Pengisi OST Filosofi Kopi 2.
Sumber :
  • VIVA.co.id/Rintan Puspitasari

VIVA.co.id – Aktor Chicco Jerikho mengungkapkan film Filosofi Kopi 2 berpesan untuk masyarakat lebih menyadari jerih payah petani kopi yang berupaya memproduksi kopi berkualitas. Untuk lebih memberikan kesan, Chicco menggratiskan kopi dari kedai Filosofi Kopi miliknya untuk para penonton yang datang pada acara promosi film itu. 

Nayla Purnama Jadi Peran Utama di Film Horor Vina: Sebelum 7 Hari, Diangkat dari Kisah Nyata Viral

Chicco mengatakan hal itu adalah ide dirinya dan Rio Dewanto sebagai pemilik kedai Filosofi Kopi, yang mereka dirikan setelah membintangi Filosofi Kopi 1. 

"Satu tiket sama aja memberikan biji kopi atau benih kopi. Soalnya di film ini apa yang lebih penting selain menyeduh kopi untuk orang lain, yaitu kita enggak boleh lupain tentang siapa yang menanamnya," ujar Chicco di Kedai Filosofi Kopi Jakarta pada Minggu malam, 16 Juli 2017.

Film 13 Bom Raih Penghargaan Internasional, Sutradara Angga Sasongko Bangga

Ia mengungkapkan saat pra produksi film ini, ia sempat melakukan riset dan berbincang dengan petani kopi lokal. Ia mendapati ketakutan petani lokal soal regenerasi dari petani itu sendiri ke depannya. Apalagi di era digitalisasi saat ini. 

"Hasil dari riset yang gue jalani sebelum Filosofi Kopi, gue ngobrol sama petani kopi. Yang mereka khawatirin adalah generasi di bawah mereka yang kenal gadget. Akhirnya enggak ada lagi yang mau bercocok tanam, enggak mau bertani lagi di perkebunan kopi, " ungkapnya. 

Film Now You See Me 3 Sedang Digarap, Bakal Ada Wajah Baru yang Bergabung!

Turut berperan sebagai produser film, ia mengungkapkan bersama tim produksi termasuk Rio Dewanto, mengonsep betul set film agar dapat dinikmati secara keseluruhan oleh penonton. Di film itu sendiri pesan-pesan yang hendak didampaikan disiratkan melalui musik-musik.

"Filosofi Kopi 2 ini kita bikin supaya Filosofi Kopi ini bisa dinikmati oleh masyarakat banyak. Kami rilis ada digital yang bisa di Youtube. Dan kita rilis soundtracknya juga mini album. Karena Filosofi Kopi kedua ini cara bertuturnya menekankan pada musik," ungkapnya. 

Ke depan, dirinya beserta tim produksi film lainnya pun berencana merilis buku komik Filosofi Kopi di akhir Juli atau di awal Agustus nanti.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya